Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Inovasi Kopling Otomatis Untuk Motor

Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Inovasi Kopling Otomatis Untuk Motor

Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Inovasi Kopling Otomatis Untuk Motor/---ilustrasi

Honda Rilis Teknologi E-Clutch, Inovasi Kopling Otomatis Untuk Motor

RK ONLINE - Honda telah meluncurkan teknologi terbaru bernama E-Clutch, yang merupakan singkatan dari Electronic Clutch alias kopling otomatis untuk sepeda motor. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman berkendara, tidak dengan menggantikan kopling sepeda motor, melainkan bekerja berdampingan dengannya.

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, teknologi E-Clutch memberikan pengendara opsi untuk tetap menggunakan kopling tangan dan melakukan perpindahan gigi seperti yang biasa dilakukan. Atau alternatifnya, pengendara dapat mengaktifkan E-Clutch dan melakukan perpindahan gigi naik dan turun tanpa perlu mengoper kopling.

BACA JUGA:Jangan Asal Deal, Perhatikan Pertimbangan Penting Ini Sebelum Membeli Kendaraan Bermotor

Dalam banyak hal, teknologi E-Clutch bisa dianggap sebagai variasi dari quickshifter dua arah atau blipper otomatis yang sebelumnya telah diperkenalkan oleh Honda.

 

Keuntungan utama dari perpindahan gigi tanpa kopling sudah menjadi hal yang umum di kalangan pengendara sepeda motor sport. Proses perpindahan gigi menjadi lebih cepat, lebih mulus, dan mengharuskan usaha yang lebih sedikit.

 

Honda menjelaskan bahwa E-Clutch memberikan kendali atas kopling yang dapat disetel secara instan dan halus, yang pada gilirannya meningkatkan performa sepeda motor secara optimal.

 

Terutama bagi pengendara pemula, teknologi ini akan menjadi solusi yang sangat membantu. Ia dapat membantu dalam proses start, perpindahan gigi, dan proses deselerasi hingga berhenti menjadi lebih alami dan mudah dikuasai.

BACA JUGA:CEK! Yamaha Perpanjang Masa Garansi Frame Sepeda Motor Matic Menjadi 5 Tahun

Yang menarik, teknologi E-Clutch dikembangkan dengan bobot yang ringan dan desain yang kompak, sehingga dapat dipasang tanpa perlu mengubah tata letak mesin sepeda motor yang sudah ada.

Sumber: