Batas Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Ini Penyebab Gagal Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Batas Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Ini Penyebab Gagal Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Batas Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Ini Penyebab Gagal Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023/---ilustrasi

Batas Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Ini Penyebab Gagal Lulus Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

RK ONLINE - Hari ini menandai akhir dari periode pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Pendaftaran ditutup pada 11 Oktober 2023 pukul 23.59 WIB.

Bagi calon pelamar yang belum mendaftar, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan peringatan penting untuk segera melengkapi dokumen dan mengirimkannya (submit) melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

BACA JUGA:20 Contoh Soal TIU SKD CPNS BIN 2023, Lengkap Beserta Jawabannya!

Ahli Pertama Pranata Komputer Sekretariat Utama dan Kedeputian BKN, Lidra Trifidya, menekankan perlunya para pelamar CPNS dan PPPK untuk mengirimkan berkas pendaftaran sebelum batas waktu pendaftaran berakhir.

 

Lidra mengungkapkan kekhawatirannya bahwa mengirimkan berkas pada hari terakhir pendaftaran berpotensi menimbulkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah portal SSCASN yang mungkin tidak dapat diakses karena lonjakan pengunjung mendekati batas waktu.

 

"Karena kalau dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, banyak pelamar yang baru submit di hari-hari terakhir pendaftaran, takutnya server (SSCASN) akan down, dan mereka akan susah submit," ucap Lidra.

 

Setelah batas waktu pendaftaran berakhir, berkas yang sudah di-submit akan melalui proses seleksi yang akan dilakukan oleh masing-masing instansi antara tanggal 20 September hingga 12 Oktober 2023. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan disampaikan mulai 15 hingga 18 Oktober 2023

BACA JUGA:Hari Terakhir, Formasi PPPK 2023 Kepahiang Masih Banyak Kosong, Ini Data Terbaru Peserta Memenuhi Syarat!

Penyebab Gagal Lolos Seleksi Administrasi CPNS dan PPPK 2023

Seleksi administrasi merupakan tahap pertama dalam rekrutmen CPNS 2023. Bagi pelamar yang tidak lolos atau tidak memenuhi syarat, langkah untuk menjadi PNS atau PPPK akan terhenti. Beberapa penyebab umum yang menyebabkan pelamar gagal lolos seleksi administrasi adalah:

Sumber: