Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Kementrian dan Lembaga CPNS 2023 Ini Masih Sepi Peminat

Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Kementrian dan Lembaga CPNS 2023 Ini Masih Sepi Peminat

Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Kementrian dan Lembaga CPNS 2023 Ini Masih Sepi Peminat/---ilustrasi

Akhir Pendaftaran Telah Tiba, Kementrian dan Lembaga CPNS 2023 Ini Masih Sepi Peminat

RK ONLINE - Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan segera ditutup pada pukul 23.59 WIB hari ini. Meskipun batas waktu pendaftaran tinggal sebentar, beberapa instansi masih memiliki jumlah pelamar yang rendah, bahkan beberapa di antaranya belum menerima satu pun pelamar. Hal ini bisa menjadi peluang bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan dalam seleksi ini.

 

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) per 9 Oktober 2023 pukul 06.00 WIB, terdapat 1.134.112 orang yang telah mendaftar sebagai pelamar CPNS, sementara yang telah mengirimkan berkas pendaftaran sebanyak 628.799 orang. Sementara itu, pendaftar PPPK Teknis mencapai 738.865 orang dengan jumlah pelamar yang sudah mengirimkan berkas sebanyak 362.518 orang.

BACA JUGA:Hati-Hati Mendaftar CPNS 2023, BKN Ingatkan Pelamar Hindari Kesalahan Saat Pendaftaran

Di sisi lain, pelamar PPPK Guru mencapai 431.538 orang dengan jumlah pelamar yang telah mengirimkan berkas sebanyak 387.549 orang. Namun, untuk PPPK Nakes, terdapat 401.118 pelamar dengan jumlah pelamar yang sudah mengirimkan berkas sebanyak 275.967 orang.

 

BKN juga memberikan pesan kepada semua pelamar untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran mereka sebelum batas waktu pendaftaran berakhir. Disarankan agar tidak menunggu hingga menit-menit terakhir.

 

Namun, terdapat beberapa instansi yang masih sepi peminat hingga saat ini. Sebagai contoh, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hanya menerima 11 pelamar yang telah mengirimkan berkas. Bahkan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk PPPK Teknis belum menerima satu pun berkas pendaftaran.

 

Selain itu, beberapa instansi lain yang memiliki jumlah pelamar rendah adalah Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) dengan hanya satu berkas yang sudah masuk, Kementerian Perdagangan dengan dua berkas, Kementerian Luar Negeri dengan tiga berkas, dan Pemerintah Kota Pekalongan dengan lima berkas.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS BIN 2023 Untuk Lulusan SMA Badan Intelijen Negara Ditutup Hari Ini, Catat Larangannya!

Berikut adalah beberapa instansi dengan jumlah pelamar rendah untuk CPNS dan PPPK:

Sumber: