Jangan Tunggu Rusak! Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Wiper Mobil

Jangan Tunggu Rusak! Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Wiper Mobil

Waktu yang tepat untuk menganti wiper mobil/---freepik.com

Jangan Tunggu Rusak! Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Wiper Mobil

RK ONLINE - Wiper mobil mungkin bukan bagian terbesar dari kendaraan Anda, tetapi peran penting mereka dalam menjaga visibilitas dan keselamatan Anda di jalan.

Sayangnya, banyak pemilik mobil sering mengabaikan perawatan wiper ini, yang dapat menyebabkan masalah saat hujan atau cuaca buruk. 

 

Jadi, pertanyaannya adalah: Kapan waktu yang tepat untuk mengganti wiper mobil?

- Frekuensi Pemakaian

Jika Anda tinggal di daerah yang sering hujan atau sering menggunakan wiper mobil Anda, maka Anda mungkin perlu menggantinya lebih sering. Pemakaian yang intens akan menyebabkan karet wiper cepat aus.

BACA JUGA:Tanda-Tanda V-Belt Mobil yang Harus Diganti

- Streaking atau goresan pada kaca depan

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa wiper Anda perlu diganti adalah ketika Anda melihat streaking atau goresan pada kaca depan Anda saat wiper bergerak. Ini dapat mengurangi visibilitas Anda secara signifikan dan merupakan tanda bahwa karet wiper sudah aus atau rusak.

 

- Ketika wiper tidak lagi membersihkan kaca dengan baik

Jika wiper Anda tampak seperti hanya "menggesek" air hujan tanpa membersihkannya dengan baik, ini adalah tanda lain bahwa sudah waktunya untuk mengganti mereka. Wiper yang baik seharusnya dapat membersihkan air dengan lancar dan tanpa meninggalkan residu.

 

Sumber: