Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Ini Perbedaan Pendidikan Polsuspas dan Polisi di Indonesia

Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Ini Perbedaan Pendidikan Polsuspas dan Polisi di Indonesia

Perbedaan polsuspas dengan kepolisian indonesia/---instagram/@polsuspas_indo

BACA JUGA:Lulusan SMA Buruan Daftar, Seleksi CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham 2023 Kembali Dibuka

Jenis-Jenis Pendidikan Kepolisian di Indonesia

Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol adalah lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan perwira Polri. Lulusan Akpol akan memperoleh pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) setelah menjalani pendidikan selama 4 tahun. Penerimaan peserta didik Akpol melalui ujian penerimaan terpadu yang diselenggarakan di tingkat daerah dan pusat.

 

Sekolah Polisi Negara (SPN)

SPN adalah sekolah untuk Bintara Polisi. Pendidikan di SPN berlangsung selama 7 bulan, dan lulusan akan menjadi Brigadir Polisi Dua (Bripda). Kemudian, dalam jangka waktu 4 tahun, mereka dapat mencapai pangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu).

 

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

SIPSS adalah lembaga pendidikan untuk lulusan sarjana yang ingin menjadi polisi. Pendidikan berdurasi 6 bulan, dan lulusan mendapatkan pangkat Inspektur Dua. SIPSS terletak di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

 

Perbedaan utama antara Polsuspas dan Polisi terletak pada jenjang pendidikan dan pangkat yang diberikan kepada lulusannya. Polsuspas lebih fokus pada tugas-tugas terkait pemasyarakatan dan rehabilitasi, sementara Polisi memiliki beragam tugas kepolisian di lapangan.

BACA JUGA:Jadwal dan Cara Pendaftaran CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham 2023

Sumber: