Karhutla Kembali Terjadi di Kepahiang, Menurut Polisi Dugaan Sementara Ini Penyebabnya!

Karhutla Kembali Terjadi di Kepahiang, Menurut Polisi Dugaan Sementara Ini Penyebabnya!

Peristiwa Karhutla kembali terjadi di Kepahiang dan menurut dugaan sementara polisi ini penyebabnya--istimewah

Karhutla Kembali Terjadi di Kepahiang, Dugaan Sementara Ini Penyebabnya!

RK ONLINE - Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan atau yang dikenal dengan singkatan Karhutla kembali terjadi di Kabupaten Kepahiang, Selasa 5 September 2023 siang. Kali ini Karhutla terjadi pinggir jalan lintas Kepahiang - Pagaralam, tepatnya di Kelurahan Keban Agung, Kecamatan Bermani Ilir.

BACA JUGA:Kades Kampung Bogor Terlibat Kasus OTT Fee Proyek Kadus Terancam Dipecat Karena Pelecehan Kakak Ipar

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi pemicunya, namun dugaan sementara Krhutla ini terjadi akibat orang yang membuang puntung rokok dengan sembarangan.

 

Kapolres Kepahiang, Polda Bengkulu, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si melalui Kapolsek Bermani Ilir, Iptu. Darmawel Saleh, SH membenarkan adanya peristiwa Karhutla ini. 

Dijelaskan Kapolsek bahwa saat ini, api sudah berhasil dipadamkan oleh anggota Damkar yang dibantu oleh jajaran TNI Polri wilayah penugasan Bermani Ilir. 

Namun akibat kejadian tersebut, Darmawel mengungkapkan jika sekitar setengah Hektar lahan di lokasi kejadian dipastikan sudah ludes terbakar.

BACA JUGA:Pilih Bungkam, Begini Pengakuan Singkat Kades Kampung Bogor yang Terlibat OTT Fee Proyek Bersama ASN Kepahiang

"Kejadiannya siang tadi, saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Lahan ini terbakar karena diduga ada OTD yang buang puntung rokok sembarangan," ujar Kapolsek.

 

Lebih lanjut dikatakannya bahwa api pertama kali diketahui oleh personel Polsek Bermani Ilir. Kemudian personel langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran dan juga bhabinsa Koramil Bermani Ilir untuk membantu upaya pemadaman. Selain itu, masyarakat setempat yang mengetahui kejadian ini juga ikut berjibaku melakukan memadamkan sampai akhirnya kobaran api yang sudah meluas tersebut berhasil dijinakan.

BACA JUGA:Cepat Cair, Ini 7 Daftar Aplikasi Pinjol Resmi Terdaftar di OJK

"Karena ini jalan lintas, jadi tidak diketahui siapa yang iseng buang puntung rokok di lahan ini," lanjutnya.

Sumber: