Pendaftaran CASN 2023 Dibuka, Formasi PPPK Mendominasi, CPNS Terbatas!

Pendaftaran CASN 2023 Dibuka, Formasi PPPK Mendominasi, CPNS Terbatas!

Rincihan formasi casn 2023/Foto:Ilustrasi---www.ayoindonesia.com

 

"Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan," ujar Anas.

BACA JUGA:Resmi Pertengahan September, Ini Jadwal dan Tahapan Seleksi CPNS 2023 Berdasarkan Pengumuman BKN

Kebijakan kedua adalah memberi kesempatan rekrutmen untuk talenta digital dan data scientist. Ketiga, ada upaya untuk mengurangi rekrutmen pada formasi yang akan terdampak oleh transformasi digital.

 

Selain itu, rekrutmen ASN 2023 juga merupakan langkah untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau honorer. Jumlah tenaga non-ASN yang saat ini sedang dalam proses audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencapai 2,3 juta. 

 

Anas menjelaskan bahwa pemerintah memberikan prioritas kepada tenaga non-ASN atau honorer dalam rekrutmen tahun ini, dengan alokasi 80 persen formasi untuk pelamar dari kelompok ini, sementara 20 persen sisanya terbuka untuk pelamar umum.

 

Sebagai langkah konkret, Kementerian PANRB bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melakukan serah terima naskah soal seleksi PPPK dan CPNS 2023. 

 

Naskah soal tersebut mencakup seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara untuk PPPK, serta seleksi kompetensi dasar untuk CPNS. 

BACA JUGA:Segera Daftar, Penerimaan CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham 2023 Tawarkan Gaji Menggiurkan

Proses penyusunan naskah soal melibatkan 173 penulis dari 35 perguruan tinggi dan lembaga. Telaah bahasa juga dilakukan untuk memastikan kualitas bahasa yang digunakan dalam naskah soal.

 

Sumber: