Pendaftaran CASN 2023 Dibuka, Formasi PPPK Mendominasi, CPNS Terbatas!

Pendaftaran CASN 2023 Dibuka, Formasi PPPK Mendominasi, CPNS Terbatas!

Rincihan formasi casn 2023/Foto:Ilustrasi---www.ayoindonesia.com

Pendaftaran CASN 2023 Dibuka, Formasi PPPK Mendominasi, CPNS Terbatas!

RK ONLINE- Proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) pemerintah akan segera dimulai pada bulan September 2023. 

 

Dalam pengumuman yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tanggal 1 Agustus 2023, terungkap bahwa kebutuhan CASN tahun ini mencapai 572.496 formasi. 

 

Di antara formasi tersebut, sebanyak 28.903 adalah untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS), sementara formasi terbanyak, yaitu 543.593, diperuntukkan bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

BACA JUGA:Gaji Tembus Rp5,9 Juta, Lulusan SMA Buruan Daftar CPNS Formasi Polsuspas yang Sebentar Lagi Resmi Dibuka

Formasi CPNS hanya dibuka untuk pemerintah pusat, sedangkan formasi PPPK dialokasikan khusus untuk pemerintah daerah. Dengan demikian, alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat terdiri dari 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK. 

 

Sementara itu, di tingkat pemerintah daerah, alokasi formasinya yang khusus untuk PPPK mencakup 296.084 formasi untuk PPPK Guru, 154.724 formasi untuk PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 formasi untuk PPPK Teknis.

 

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa proses seleksi CASN tahun ini akan dilakukan secara adil dan transparan. Tujuan utama dari pengangkatan ASN adalah untuk melahirkan kinerja yang berdampak positif dan dirasakan oleh masyarakat, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

 

Anas menjelaskan bahwa kebijakan rekrutmen ASN tahun 2023 mengacu pada beberapa arah kebijakan. Pertama, ada fokus pada pelayanan dasar dengan formasi terbanyak diperuntukkan bagi guru dan tenaga kesehatan. 

Sumber: