Pelajari Tahapan Seleksinya, Pendaftaran CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham Dibuka!

Pelajari Tahapan Seleksinya, Pendaftaran CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham Dibuka!

Syarat pendaftaran cpns dan tahanpan seleksi/Foto:Ilustrasi---instagram/@polsuspasindonesia

Pelajari Tahapan Seleksinya, Pendaftaran CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham Dibuka!

RK ONLINE - Peluang untuk bergabung sebagai anggota Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) dalam pendaftaran CPNS tahun 2023 semakin terbuka lebar.

 

Polsuspas atau Sipir Lapas ini, merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia dan bukan bagian dari Polri.

 

Tugas utamanya adalah pengawasan, pembinaan serta menjaga keamanan dan keselamatan narapidana dan tahanan di berbagai instansi pemerintah. Mulai dari Rumah Tahanan Negara (Rutan), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan).

BACA JUGA:Segera Daftar, Penerimaan CPNS Formasi Polsuspas Kemenkumham 2023 Tawarkan Gaji Menggiurkan

Sebelum menjadi anggota Polsuspas, seseorang harus melewati seleksi yang ketat. Tahap awal peserta juga harus mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang mencakup tes kemampuan jasmani dan aspek lainnya. 

 

Setelah lulus seleksi, calon anggota Polsuspas akan mengikuti pelatihan semi militer yang mencakup kemampuan fisik, menembak, bela diri dan lain-lainnya. 

 

Mereka juga akan dipersenjatai dengan berbagai perlengkapan, termasuk senjata api dan akan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Polsuspas serta lisensi menggunakan senjata api dari Mabes Polri.

 

Bagi yang belum mengetahuinya, Polsuspas sebelumnya dikenal dengan sebutan Sipir Lapas. Namun beberapa waktu lalu terdapat perubahan hingga menjadikan Sipir Lapas menjadi Polsuspas karena sistem dari pemenjaraan ke konsep Lembaga Pemasyarakatan yang mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM). 

Sumber: