Bukan Hanya Mitos, Ternyata Begini Penampakan Burung Garuda di Dunia Nyata Indonesia

Bukan Hanya Mitos, Ternyata Begini Penampakan Burung Garuda di Dunia Nyata Indonesia

Penampakkan burung garuda di dunia nyata/Foto:Ilustrasi---wallpaperbetter.com

Bukan Hanya Mitos, Ternyata Begini Penampakan Burung Garuda di Dunia Nyata Indonesia

RK ONLINE- Mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab bahwa belum pernah. Bahkan ada yang beranggapan bahwa burung Garuda hanya mitos belaka. 

 

Memang benar, Garuda merupakan salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia adalah wahana atau kendaraan dari Dewa Wisnu, salah satu bentuk manifestasi Tuhan dalam agama Hindu.

 

Garuda digambarkan sebagai makhluk yang memiliki tubuh emas, wajah putih dan sayap merah. Paruh dan sayapnya mirip dengan elang, namun tubuhnya menyerupai manusia. Ia memiliki ukuran yang besar sehingga dapat menutupi matahari.

BACA JUGA:Sosok Pahlawan Pencetus Burung Garuda Sebagai Lambang Pancasila, Berikut Ulasan Makna Simbol Pancasila!

Di Indonesia menariknya, ada burung Elang Jawa yang memiliki ciri-ciri yang mirip dengan burung Garuda. Elang Jawa merupakan satwa langka yang telah ditetapkan sebagai burung nasional pada tahun 1993 karena keunikan dan kelangkaannya. Burung ini juga dianggap mirip dengan burung Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia.

 

Selain itu, Elang Jawa memiliki ciri-ciri lain yang mirip dengan Garuda, seperti adanya jambul pada kepalanya. Namun, sayangnya, Elang Jawa termasuk dalam kategori burung pemangsa yang lemah dibandingkan dengan jenis elang lainnya. Perkembangbiakan burung ini tergolong sulit karena mereka hanya bertelur dua tahun sekali dan hanya menghasilkan satu telur.

 

Meskipun tidak bisa melihat burung Garuda dalam dunia nyata, hadirnya Elang Jawa menjadi salah satu simbol keunikan dan kekayaan alam Indonesia. Keberadaan burung ini juga menjadi pengingat tentang pentingnya upaya pelestarian dan perlindungan terhadap satwa-satwa langka agar tetap dapat dilestarikan bagi generasi mendatang.

Sumber: