Disebut Hanya Mitos, Berikut Ini Kemiripan Burung Garuda dengan Elang Jawa

Disebut Hanya Mitos, Berikut Ini Kemiripan Burung Garuda dengan Elang Jawa

Penampakan burung elang jawa yang hampir mirip dengan burung garuda/Foto:Ilustrasi---Facebook-

Disebut Hanya Mitos, Berikut Ini Kemiripan Burung Garuda dengan Elang Jawa

RK ONLINE- Simbol nasional Indonesia, Burung Garuda, sering kali dianggap sebagai makhluk mitologi semata. Namun, fakta menarik mengungkapkan bahwa Burung Garuda memiliki akar dalam kehidupan nyata, terutama dalam bentuk elang jawa, burung endemik Pulau Jawa

 

Penelitian mendalam oleh Pusat Penelitian Biologi LIPI (BRIN) Prof Dr Ir Ibnu Maryanto mengungkapkan hal ini, yang dibicarakan dalam acara "Eureka!: Makhluk Mitologi Indonesia". 

 

Salah satu kesamaan yang mencolok adalah ciri fisik, terutama jambul di belakang kepala. Elang jawa, sebagai predator puncak, menjadi perwujudan Garuda dalam dunia nyata. 

BACA JUGA:Penemuan Mengejutkan, Elang Jawa Satwa Ikonik yang Penampakannya Mirip Burung Garuda Pancasila

"Garuda bisa dibilang kan mitologi, tetapi Garuda itu adalah elang Jawa. Jadi, elang Jawa di dunia hanya ada di Jawa. Sebetulnya dalam kepercayaan mitologinya, elang termasuk golongan top predator," kata Ibnu.

 

Dalam konteks mitologi, Garuda diasosiasikan dengan burung yang dinaiki oleh Dewa Wisnu. Kisah ini terhubung dengan masa lalu budaya Indonesia yang dipengaruhi oleh kerajaan-kerajaan Hindu. Bahkan dalam pewayangan Jawa, tokoh Garuda sering kali muncul dalam cerita-cerita menarik.

 

Di dalam relief candi-candi Indonesia, gambaran burung juga sering dijumpai. Namun, merepresentasikan apakah gambar tersebut menggambarkan Garuda, elang jawa, atau spesies elang lain yang serupa, bukanlah tugas yang mudah.

Sumber: