Perhatikan, Tanpa Disadari Kesalahan Ini Sering Membuat Pemakaian Gas Elpiji Boros Minta Ampun

Perhatikan, Tanpa Disadari Kesalahan Ini Sering Membuat Pemakaian Gas Elpiji Boros Minta Ampun

Kesalahan umum yang membuat gas lpg lebih boros/Foto:Ilustrasi---jambiindependent.disway.id

Perhatikan, Tanpa Disadari Kesalahan Ini Sering Membuat Pemakaian Gas Elpiji Boros Minta Ampun

RK ONLINE- Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau gas Elpiji adalah salah satu sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Mulai dari memasak dan memanaskan air, gas Elpiji juga menjadi perlengkapan penting untuk berbagai kegiatan lainnya. 

 

Namun, penggunaan yang tidak bijaksana atau adanya kesalahan dalam penggunaan LPG, dapat menyebabkan pemborosan yang sebenarnya isa diantisipasi. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan dan bisa membuat boros gas LPG:

BACA JUGA:Bukan 1 Tabung, Ketentuan Batas Maksimal Pembelian Gas Elpiji Subsidi Wajib Barcode Ternyata Bisa Lebih!

1. Tidak Mematikan Kompor dengan Benar

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah tidak mematikan kompor dengan benar setelah selesai memasak. Kompor yang tetap menyala, meskipun hanya dalam keadaan kecil, akan menyebabkan gas LPG terus mengalir dan terbuang sia-sia. Pastikan untuk selalu mematikan kompor dengan benar setelah digunakan.

 

2. Penggunaan Kompor Tidak Efisien

Penggunaan kompor yang tidak efisien, seperti menggunakan api yang terlalu besar atau menggunakan wajan yang terlalu besar dibandingkan dengan ukuran panci, dapat menyebabkan pemborosan gas LPG. Usahakan untuk menggunakan api yang sesuai dengan kebutuhan memasak dan gunakan wajan atau panci yang sesuai ukuran agar panas dapat disalurkan secara efisien.

 

3. Membuang Gas LPG yang Masih Tersisa dalam Tabung

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah membuang tabung gas LPG yang masih memiliki sisa gas, terutama saat tabung terlihat kosong namun sebenarnya masih ada gas di dalamnya. Hal ini menyebabkan pemborosan karena gas LPG yang masih tersisa tidak digunakan dengan maksimal. Sebaiknya, gunakan tabung LPG hingga benar-benar kosong sebelum menggantinya dengan tabung baru.

Sumber: