Cara Aman Berkendara Jarak Jauh: Tips Untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Cara Aman Berkendara Jarak Jauh: Tips Untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

tips berkendara jarak jauh/Foto:Ilustrasi---freepik.com

 

Pastikan Anda cukup tidur sebelum perjalanan jarak jauh. Kurang tidur dapat menyebabkan kantuk saat berkendara, yang sangat berbahaya. Selama perjalanan, istirahatlah secara berkala untuk menghindari kelelahan. Jangan ragu untuk berhenti di rest area atau tempat yang aman untuk mengistirahat, meregangkan tubuh, dan mengisi energi.

 

4. Persiapkan Peralatan Darurat

 

Selalu siapkan peralatan darurat dalam kendaraan Anda. Beberapa perlengkapan penting termasuk kit pertolongan pertama, perangkat pemberitahuan darurat (misalnya segitiga peringatan dan lampu isyarat), kabel jumper, pemadam kebakaran portabel, dan alat ganti ban. Semoga Anda tidak perlu menggunakannya, tetapi memiliki perlengkapan darurat akan memberikan rasa tenang jika menghadapi situasi tak terduga.

 

5. Gunakan Sabuk Pengaman dan Kursi Pengaman untuk Anak

 

Pastikan semua penumpang menggunakan sabuk pengaman selama perjalanan. Jika Anda bepergian bersama anak-anak, pastikan mereka diikat dengan kursi pengaman yang sesuai untuk usia dan tinggi mereka. Ini adalah langkah krusial untuk keselamatan selama perjalanan, terutama dalam situasi kecelakaan atau tabrakan.

BACA JUGA:Catat Ya! Ini Sederet Mobil yang Paling Cocok Untuk Kaum Perempuan

6. Hindari Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

 

Jangan menggunakan ponsel atau gadget lainnya saat berkendara. Pesan teks atau panggilan telepon dapat mengalihkan perhatian Anda dari jalan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda perlu menggunakan ponsel, berhenti di tempat yang aman dan nonaktifkan kendaraan Anda.

 

Sumber: