Bukan Hanya Tenaga Honorer, Menjadi Atlet Juga Bisa Diangkat Menjadi PNS Tanpa Tes!

Bukan Hanya Tenaga Honorer, Menjadi Atlet Juga Bisa Diangkat Menjadi PNS Tanpa Tes!

Altet bisa jadi pns tanpa tes/Foto:Ilustrasi- --(serumpun.babelprov.go.id)

Bukan Hanya Tenaga Honorer, Menjadi Atlet Juga Bisa Diangkat Menjadi PNS Tanpa Tes!

RK ONLINE- Seleksi CPNS 2023 akan dibuka kembali pada bulan September 2023. Ada beberapa kelompok yang akan mendapatkan keistimewaan dengan menjadi PNS tanpa harus melalui Tes CPNS.

 

Selain kelompok Disabilitas, Cumlaude, Pengembangan Diaspora, dan Putra-Puteri Papua yang menjadi PNS melalui Jalur Khusus atau Honorer dengan kriteria tertentu yang dijanjikan menjadi PNS tanpa Tes, ternyata para Atlet juga dapat menjadi PNS tanpa melewati Tes CPNS, Para Atlet yang masuk sebagai PNS tanpa Tes PNS adalah Atlet berprestasi di bidang olahraga.

 

Seperti yang diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah kepemimpinan Menpora Dito Ariotedjo telah menerima 27 atlet yang diangkat sebagai PNS pada Rabu malam, 5 Juli 2023.

BACA JUGA:TEGAS! Ini Kepastian MenPANRB Terkait Pendaftaran CPNS 2023

Para atlet tersebut ditempatkan di berbagai posisi di Kemenpora dan akan mendapatkan gaji sesuai dengan jabatan yang mereka emban. Atlet-atlet yang menjadi PNS melalui jalur khusus ini tidak perlu mengikuti Tes CPNS yang biasanya diperlukan oleh calon PNS.

 

Pada tahun 2018, sebanyak 130 atlet berprestasi juga resmi diangkat menjadi PNS. Mereka diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 2017.

 

Keppres ini memberikan kesempatan kepada atlet yang telah meraih prestasi di tingkat internasional untuk menjadi PNS tanpa harus mengikuti Tes CPNS.

 

Mereka ditempatkan di berbagai kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah lainnya. Kebijakan ini merupakan bentuk penghargaan atas prestasi olahraga yang telah mereka capai.

Sumber: