Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Lakukan 10 Hal Penting Berikut Ini

Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Lakukan 10 Hal Penting Berikut Ini

Hal yang perlu dilakukan setelah membeli mobil seken/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Lakukan 10 Hal Penting Berikut Ini

RK ONLINE - Setelah membeli mobil bekas, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk memastikan mobil tersebut dalam kondisi baik dan siap digunakan. Berikut adalah beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan Setelah membeli mobil bekas:

 

1. Lakukan Pemeriksaan dan Servis Mobil

Setelah membeli mobil bekas, segera lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi mobil. Periksa bagian mesin, sistem kelistrikan, sistem rem, sistem suspensi, dan bagian lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan atau masalah yang perlu diperbaiki. Jika ditemukan masalah, segera lakukan servis atau perbaikan yang diperlukan.

 

2. Periksa Dokumen dan Kendaraan

Pastikan semua dokumen kendaraan lengkap dan sesuai. Periksa surat-surat seperti BPKB, STNK, faktur, dan asuransi kendaraan. Pastikan juga nomor rangka dan nomor mesin pada dokumen sesuai dengan mobil yang Anda beli. Jika ada ketidaksesuaian atau kekurangan dokumen, segera atur agar semuanya terpenuhi.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kaca Berembun, Ini Sederet Alasan Kenapa AC Mobil Harus Dihidupkan Saat Hujan

3. Daftarkan Kendaraan dan Ganti Nama

Segera daftarkan mobil bekas yang Anda beli ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) atau instansi terkait di daerah Anda. Lakukan proses perubahan nama pemilik sesuai dengan dokumen yang Anda miliki. Hal ini penting untuk memastikan mobil secara resmi menjadi milik Anda dan mendapatkan dokumen yang sah.

 

4. Periksa dan Ganti Oli Mesin

Cek tingkat oli mesin mobil bekas Anda. Jika perlu, lakukan penggantian oli dengan oli baru. Pastikan menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrik atau petunjuk dalam buku manual mobil Anda. Oli yang bersih dan segar akan membantu menjaga kinerja dan keawetan mesin.

Sumber: