Ini Penyebab Telat Melahirkan Walau Kehamilan Sudah 9 Bulan

Ini Penyebab Telat Melahirkan Walau Kehamilan Sudah 9 Bulan

Ilustrasi Kehamilan--DOK/Net

Untuk hasil yang lebih akurat, ibu sebaiknya melakukan pemeriksaan Ultrasonografi atau USG. Pemeriksaan dengan USG dan pengukuran tinggi rahim yang dilakukan secara teratur pada trimester awal bisa membantu mengetahui waktu terjadinya pembuahan dalam rahim dengan tepat.

Namun, terlambat haid belum tentu menandakan sudah terjadi pembuahan di dalam rahim. Pembuahan bisa saja terjadi 2–3 minggu setelah ibu mengalami terlambat haid.

BACA JUGA:Laporan PBB, Setiap 2 Menit Ada Perempuan Hamil dan Melahirkan Meninggal

 

3. Janin Berjenis Kelamin Laki-laki

Penyebab ibu belum juga melahirkan setelah 9 bulan mungkin saja karena ibu hamil anak laki-laki. Walaupun hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi kebanyakan wanita yang terlambat melahirkan mengandung bayi laki-laki.

 

4. Ibu Mengalami Obesitas

Saat hamil, wajar bila ibu memiliki nafsu makan yang lebih besar daripada saat sebelum hamil. Namun, usahakan agar ibu tidak mengalami kenaikkan berat badan secara berlebihan. Ibu hamil yang mengalami obesitas rentan mengalami kelainan, termasuk terlambatnya waktu persalinan. Jadi, tetap jaga porsi makan yang dikonsumsi dan perbanyak makanan sehat yang bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan.  

 

5. Kelainan pada Janin

Waktu persalinan yang lebih lama daripada waktu perkiraan juga bisa menjadi pertanda adanya kelainan pada janin. Misalnya, sindrom Down, sindrom Edward, teratoma dan kelainan genetik lainnya. Beberapa dari kelainan tersebut tidak bisa dideteksi sejak dini, bahkan umumnya dokter baru mengetahui setelah bayi dilahirkan. Jadi, untuk memperkecil risiko bayi lahir cacat, ibu disarankan untuk menjaga kondisi kehamilannya dengan sebaik mungkin.

Sumber: