Horeee!! Akhirnya Gaji PNS Naik 5 - 6 Persen, Sri Mulyani: Akan Diumumkan Saat RUU APBN

Horeee!! Akhirnya Gaji PNS Naik 5 - 6 Persen, Sri Mulyani: Akan Diumumkan Saat RUU APBN

Menkeu Sri Mulyani- --enimekspres.disway.id

 

Namun, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, mempertanyakan urgensi dari wacana penyesuaian gaji ASN. Menurutnya, anggaran belanja pegawai sudah memberatkan anggaran belanja negara saat ini.

 

"Total belanja pegawai tahun ini mencapai Rp 442 triliun, besar sekali, dan cenderung membuat APBN hanya habis untuk belanja birokrasi," kata bima.

 

"Bahkan pemerintah terpaksa menambah utang baru karena penerimaan pajak tidak sanggup menutup kekurangan belanja pegawai," tambahnya.

BACA JUGA:Langsung Jadi PNS, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2023 Resmi Dibuka, Berikut Teknis Lengkapnya

Bhima menyatakan bahwa besaran gaji ASN saat ini masih cukup, mengingat adanya sejumlah tunjangan yang diberikan oleh pemerintah. Sebagai alternatif kenaikan gaji, Bhima merekomendasikan perombakan gaji di tingkat eselon untuk dialihkan ke gaji ASN tingkat bawah.

 

"Jangan semua golongan naik," ujarnya.

 

Sebagai informasi, kenaikan gaji PNS terakhir kali dilakukan pada tahun 2019 dengan peningkatan sebesar 5 persen. Melihat angka tersebut, wacana kenaikan gaji ASN dianggap bertentangan dengan efisiensi birokrasi dan berpotensi mengurangi daya saing ekonomi. Tingkat belanja negara yang tinggi dapat menyebabkan pelebaran defisit anggaran.

Sumber: