Kebutuhan ASN Melonjak, Ini 5 Formasi CPNS dan PPPK Prioritas KemenPANRB

Kebutuhan ASN Melonjak, Ini 5 Formasi CPNS dan PPPK Prioritas KemenPANRB

Peserta seleksi CPNS - --bisnis.tempo.co

Kebutuhan ASN Melonjak, Ini 5 Formasi CPNS dan PPPK Prioritas KemenPANRB

RK ONLINE - Pemerintah dalam waktu dekat akan membuka pendaftaran CPNS 2023. Hal ini disebabkan oleh adanya kebutuhan terhadap Aparatur Sipil Negara atau ASN yang harus segera diisi pada tahun 2023 dengan jumlah kebutuhan ASN yang melonjak hingga 1.610.953 orang.

 

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPAN RB, Alex Denni mengungkapkan kebutuhan ASN pada tahun 2023 ini mencapai 1.610.953 orang.

BACA JUGA:PNS INGAT! PP Poligami Ternyata Tidak Berlaku Untuk Semua PNS

"Proyeksi kebutuhan ASN pada tahun 2023 mencapai 1.610.953 orang," ujar Alex.

 

Sebelumnya MenPANRB, Azwar Anas telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani pada tanggal 21 Februari 2023 dengan nomor surat B/382/M.SM.01.00/2023 yang membahas mengenai kebutuhan ASN ini. Namun, pemerintah telah memutuskan untuk tidak merekrut lagi tenaga teknis pelaksana. 

 

Keputusan ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menggencarkan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdasarkan Peraturan MenPANRB Nomor 45 Tahun 2022.

 

Denni menjelaskan bahwa pemerintah juga akan mengurangi perekrutan tenaga teknis fungsional lainnya. Hanya jenis tenaga fungsional tertentu yang akan diperbolehkan untuk direkrut.

 

"Kita akan berusaha agar tidak terjadi penambahan tenaga teknis fungsional. Mungkin ada beberapa jabatan fungsional teknis yang diperbolehkan tumbuh, sesuai dengan bidang prioritas nasional dan potensi wilayah. Hal ini bertujuan agar SPBE tidak menimbulkan pengangguran tersembunyi," kata Alex Denni.

Sumber: