Mantap, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional Dilelang

Mantap, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional Dilelang

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Syafriandi--

RK ONLINE  - Nelayan di Kabupaten Seluma khususnya dan Provinsi Bengkulu bakal memiliki pelabuhan perikanan berskala nasional. Pasalnya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu telah lelang pembangunan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) di Desa Pasar Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu dengan alokasi dana sebesar Rp 16,2 miliar dari Dana Alokasi Fisik (DAK) fisik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu  berdasarkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

 

"Saat ini tahapan pembangunan memasuki pengajuan item lelang ke Unit Kerja Pelayanan Barang dan Jasa (UKPBJ) Bengkulu. Dan telah dilakukan  sejak awal bulan Maret 2023 lalu, saat masih berproses," ujar Syafriandi.

 

Ditambahkannya, item lelang  meliputi dermaga, air bersih, lampu, pagar dan tambahan lampu dengan anggaran Rp 16,2 miliar. Untuk pembangunan atau peningkatan pelabuhan ini akan memakan waktu sekitar lima hingga enam bulan kerja.

 

BACA JUGA:Puluhan Karyawan Antusias Disedot Darahnya

 

Targetnya  tuntas pada November 2023 mendatang agar bisa  dimanfaatkan oleh nelayan dan masyarakat setempat. 'Pembangunannya  dua tahap.  Pertama pelaksanaannya pemerintah akan menuntaskan pembebasan lahan, pembukaan akses, dan pembangunan infrastruktur dasar,'' imbuhnya.

 

Pembangunan pelabuhan ini  akan berdampak  pada peningkatan kesejahteraan para nelayan setempat dan membangkitkan ekonomi daerah.

 

"Pelabuhan ini juga menjadikan wilayah Bengkulu sebagai wilayah maritim yang  dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat di sekitar pelabuhan dan memberikan dampak positif untuk daerah,'' tutupnya.

Sumber: