Ribuan Mata Pilih Dicoret KPU Kepahiang, Ini Penyebabnya!

Ribuan Mata Pilih Dicoret KPU Kepahiang, Ini Penyebabnya!

Ribuan mata pilih dicoret KPU Kepahiang dalam rapat pleno penetapan DPSHP--Istimewah

Ribuan Mata Pilih Dicoret KPU Kepahiang, Ini Penyebabnya!

RK ONLINE - Sehubungan dengan rangkaian penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang telah mencoret ribuan mata pilih.

 

Ribuan mata pilih ini dicoret KPU Kepahiang, setelah melalui proses rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). 

Berdasarkan hasil pleno tersebut, KPU Kepahiang yang mencoret ribuan mata pilih ini akhirnya menetapkan DPSHP dengan jumlah total 112.463 pemilih.

BACA JUGA:PENASARAN! Ternyata Ini Besaran Gaji Komisioner KPU Provinsi Berdasarkan Perpres Nomor 11

Komisioner KPU Kepahiang, Nurhasan S.HI membenarkan jika dalam pleno tersebut, ribuan mata mata pilih di Kabupaten Kepahiang resmi dicoret KPU Kepahiang. 

Karena sebelum tahapan dimulai pada tahun 2022 lalu, pihaknya menemukan data pemilih invalid yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Sehingga setelah dilakukan sinkronisasi, KPU Kepahiang melaksanakan rapat pleno penetapan DPSHP dan mencoret ribuan mata pilih yang invalid tersebut. 

 

"Mata pilih ini dicoret dari daftar pemilih melalui rapat pleno," ucap Nurhasan.

BACA JUGA:KPU RI Umumkan 106 Komisioner KPU Provinsi Terpilih Periode 2023/2028, Berikut Daftar Lengkapnya!

Dia menjelaskan jika sebelumnya, mata pilih yang invalid ini ada 8 ribu mata pilih lebih. Namun setelah dilakukan validasi lebih lanjut serta pengecekan di lapangan dan pengecekan di DP4, jumlah data pemilih Kepahiang yang invalid ini terus menurun hingga 4 ribu jiwa. 

 

Sumber: