Pertama Kali Sepanjang Masa, Harga Kopi Naik dan Tembus Hingga Rp 30 Ribu Per Kilo

Pertama Kali Sepanjang Masa, Harga Kopi Naik dan Tembus Hingga Rp 30 Ribu Per Kilo

teks foto: Zurdi Nata sebagai pemilik gudang kopi tersebesar menyebutkan harga kopi di Kepahiang naik dan paling mahal sepanjang masa---Ist-

Penurunan produksi kopi ini dipengaruhi cuaca yang 2 tahun terakhir tidak menentu. Kerap kali diterpa hujan dan angin kencang yang kemudian membuat bunga-bunga kopi berguguran. 

Pada akhirnya bunga yang menjadi biji kopi malah jauh lebih sedikit ketimbang beberapa tahun yang lalu.

 

"Produksi kopi berkurang, baik di Kepahiang maupun dunia. Seperti Brazil, Vietnam, Colombia termasuk di Indonesia. Padahal negara-negara ini adalah negara yang memproduksi kopi terbesar di dunia. Kalau saya survei ke lapangan, tahun ini sangat drastis turunnya. Bahkan penurunan produksi ini mencapai 50 persen," sesalnya.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kepahiang ini menambahkan, kopi yang masuk di Kepahiang bukan hanya kopi Kepahiang. Melainkan kopi dari berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu, termasuk juga kopi dari provinsi tetangga (Sumsel).  

BACA JUGA:2 Unit Armada Damkar Kepahiang Diturunkan, Begini Situasi Terkini Rumah Waka II DPRD Kepahiang yang Kebakaran

Dijelaskannya, banyak petani kopi dari berbagai daerah ingin menjual kopi di Kabupaten Kepahiang. Karena harga kopi di Kepahiang ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan daerah lainnya. 

Hal itula yang kemudian membuat Kabupaten Kepahiang disebut sebagai kabupaten sentralnya kopi.

BACA JUGA:TERUNGKAP, Ternyata Ini Penyebab Rumah Waka II DPRD Kepahiang Kebakaran, Dinda: Kami Panik!

"Karena harga di Kepahiang cukup tinggi, itulah banyak petani dari luar masuk ke kita," pungkasnya.

Sumber: