Pertama Kali Sepanjang Masa, Harga Kopi Naik dan Tembus Hingga Rp 30 Ribu Per Kilo

Pertama Kali Sepanjang Masa, Harga Kopi Naik dan Tembus Hingga Rp 30 Ribu Per Kilo

teks foto: Zurdi Nata sebagai pemilik gudang kopi tersebesar menyebutkan harga kopi di Kepahiang naik dan paling mahal sepanjang masa---Ist-

Pertama Kali Sepanjang Masa, Harga Kopi Naik dan Tembus Hingga Rp 30 Ribu Per Kilo

RK ONLINE  - Harga biji kopi kering di Kabupaten Kepahiang mengalami kenaikan yang terbilang cukup fantastis, yakni mencapai Rp30 ribu per kilogram. 

Harga kopi kering yang mencapai Rp30 ribu ini, disebutkan sebagai harga kopi termahal sepanjang masa di Kabupaten Kepahiang.

 

Sebagai salah satu pemilik gudang kopi terbesar di Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip mengungkapkan jika harga kopi kering mengalami kenaikan yang sangat signifikan. 

Karena sebelumnya harga tertinggi kopi kering di Kabupaten Kepahiang, hanya menyentuh angka Rp25 ribu per kilo sampai Rp28 ribu/  per kilo.

BACA JUGA:Belasungkawa Presiden dan Mensos, Keluarga Korban Pohon Tumbang di Bengkulu Terima Bantuan Rp30 Juta

"Karena barangnya tidak ada, makanya hukum ekonomi berlaku. Barang kurang otomatis harga merangkak naik. Kali ini harga kopi mencapai Rp30 ribu dan ini sudah yang paling tinggi sepanjang masa," ujar Nata.

 

Faktor utama harga kopi naik ini lanjut Nata, karena produksi kopi baik di Kepahiang maupun secara global, mengalami penuruna produksi yang cukup drastis. 

Jika berkaca pada tahun sebelumnya, petani kopi di Kabupaten Kepahiang bisa mendapatkan hasil panen mencapai 2 ton per Ha dalam satu kali panen. 

Sementara untuk musim panen tahun 2023 ini, petani hanya mampu memperoleh hasil panen maksimal 1 ton per satu kali panennya. 

BACA JUGA:Tak Disangka, Begini Tabiat Tiga Remaja Perempuan Pirang yang Viral Maling Pakaian di Bengkulu

BACA JUGA:Virall!! Tiga Remaja Perempuan Tertangkap Basah Saat Maling Pakaian Di Kebun Beler

Sumber: