Senator Riri Berharap KKP RI Akomodir Pembangunan Pelabuhan Perikanan

Senator Riri Berharap KKP RI Akomodir Pembangunan Pelabuhan Perikanan

FOTO/TIM RIRI : Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono.--

"Juga usulan-usulan di dua Kabupaten Kaur dan Mukomuko seperti bantuan sarana prasarana bibit dan pakar, thermoking, alat tangkap ramah lingkungan, cold storage, singkatnya semua yang sudah diusulkan sekitar akhir tahun kemarin atau awal tahun ini," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

 

Data terhimpun, pada tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan mendapat pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp6,7 triliun berdasarkan Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas nomor S.617 dan B.577 tanggal 27 Juli 2022 perihal Pagu Anggaran Belanja Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2023.

 

Dengan dana segitu, KKP memiliki target Indikator Kinerja Utama antara lain pertumbuhan PDB perikanan 4-6 persen, produksi perikanan 30,31 juta ton, ekspor hasil perikanan USD7,66 miliar, angka konsumsi ikan 61,02 kilogram per kapita per tahun, indeks Nilai Tukar Nelayan 107, luas kawasan konservasi 29,1 juta hektare, dan presentase kepatuhan pelaku usaha kelautan dan perikanan 97 persen.

 

BACA JUGA:Atasi Dampak Cuaca Buruk, Senator Riri Apresiasi Kesigapan Aparat

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan, ada lima rencana kerja tahun 2023-2024, yaitu penambahan luas kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan budidaya laut pesisir dan darat, pengelolaan dan pengawasan pesisir dan pulau-pulau kecil, dan pembersihan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan.

 

 “Indonesia penyumbang sampah plastik nomor dua. Gerakan ini harus segera dilakukan dengan melibatkan nelayan. Karena ini sangat berbahaya bagi kehidupan laut. Mereka menangkap sampah plastik dan kita ganti seharga nilai ikan per kilo,” cetus Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

 

 

Menteri Sakti Wahyu Trenggono juga menyambut baik setiap rencana kerja sama dengan Komite II DPD RI dan akan berkoordinasi dengan Komite II terkait pelaksanaan program KKP yang bertujuan untuk mengembangkan sektor perikanan dan kelautan untuk kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

Sumber: