PKD Mulai Dilantik, Bawaslu Ingatkan Integritas dan Netralitas

PKD Mulai Dilantik, Bawaslu Ingatkan Integritas dan Netralitas

DOK/RK : LANTIK : Panwaslu Kecamatan Topos melantik Pengawas Kelurahan Desa (PKD) diwilayahnya, Minggu (5/2).--

RK ONLINE - Setelah menjalani tahap seleksi akhirnya Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang direkrut oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (Panwascam) mulai dilantik. Kemarin (5/2), pelantikan dilakukan terhadap PKD terpilih yang tersebar di desa/kelurahan di 7 di wilayah kecamatan.

 

Yaitu Topos, Lebong Selatan, Lebong Sakti, Lebong Atas, Tubei, Uram Jaya dan Kecamatan Bingin Kuning. Sementara PKD terpilih di desa/kelurahan di 5 kecamatan lainnya akan dilantik hari ini (6/2). Setiap desa/kelurahan memiliki 1 PKD.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong Jefrianto, SP mengingatkan PKD terpilih untuk menjungjung tinggi integritas dan netralitas dalam menjalankan tugas-tugasnya mengawasi setiap tahapan-tahapan Pemilu 2024 di desa dan kelurahan. Ia menilai penyelenggaraan Pemilu 2024 akan sukses jika penyelenggaranya, khususnya pengawas, bisa bekerja secara baik dan profesional.

 

"Terpenting adalah untuk terus mendalami tugas-tugas dan kewenangan serta bertanggungjawab, " kata Jefrianto.

 

Ditambahkannya, PKD yang dilantik selanjutnya akan langsung mengikuti proses pembekalan sebagai modal mereka menjalankan tugas-tugasnya. Dalam pembekalan ini mereka diberikan pendalaman tentang tugas dan kewenangan serta tanggung jawab PKD.

 

BACA JUGA:Besok 418 Peserta Ikuti Tes Wawancara PKD

 

"Peran PKD sangat penting karena hiruk pikuk dalam penyelenggaraan pemilu banyak terkonsentrasi di desa maupun kelurahan, " tambahnya.

 

Sumber: