Gubernur Warning Perusahaan

Gubernur Warning Perusahaan

DOK/RK : Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA--

RK ONLINE - Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA menyampaikan, sesuai hasil laporan tim investigasi penyebab banjir yang telah dilaksanakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan memberikan peringatan atau warning terhadap perusahaan-perusahaan tambang maupun perkebunan khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai yang memberi andil sebagai penyebab banjir beberapa waktu terakhir.

 

"Kita akan menyurati langsung kepada para pelaku usaha, dan ini warning keras untuk bisa dilaksanakan dengan baik agar bisa menyelamatkan kita semua," kata gubernur Rohidin.

 

Ia menambahkan, dari tim yang melakukan investigasi dan observasi langsung terhadap beberapa perusahaan direkomendasikan beberapa  keputusan yang harus ditindaklanjuti. Seperti perusahaan diminta untuk membuat kantong air atau kolam sodetan agar banjir dari sisi atas tidak langsung turun ke areal bawah yang banyak pemukiman, selain itu pihak perusahaan juga diminta untuk melakukan upaya reklamasi dan lainnya.

 

Lebih lanjut, Pemprov Bengkulu juga mengajak perusahaan bersama-sama melakukan langkah upaya pencegahan banjir seperti melakukan pengerukan sedimentasi sungai di sekitar pertambangan dan reboisasi di wilayah perkebunan.

 

"Meski hanya berupa warning dan baru menyurati, hal ini harus diperhatikan serta dijalankan agar kejadian serupa tidak terulang," tambah gubernur.

 

BACA JUGA:Surati Kementerian

 

Untuk diketahui, tim Khusus yang dibentuk oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang terdiri dari Dinas ESDM, DLHK, BPDAS, BKSDA, Inspektur Tambang dan OPD t terkait yang bersinergi dengan Pemkab Bengkulu Tengah beberapa waktu lalu  melakukan pemantauan dan penelusuran penyebab banjir ke hulu sungai Bengkulu.

 

Sumber: