Tahun Ini DAK Fisik Pendidikan Hanya Rp 5 Miliar

Tahun Ini DAK Fisik Pendidikan Hanya Rp 5 Miliar

Kadis Dikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM.--

RK ONLINE - Dana Alokasi Khusus (DAK) secara keseluruhan yang dialokasikan pada Pemerintah Kabupaten pada Tahun Anggaran (TA) 2023 ini umumnya menurun, tidak terkecuali dialami oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

 

 

Disebutkan tahun ini, alokasi DAK fisik pendidikan sebesar Rp 5 miliar. Jumlah tersebut jauh turun dari alokasi DAK fisik pendidikan tahun anggaran sebelumnya yang mencapai Rp 21 miliar.

 

 

Kondisi itu, dikatakan Kadis Dikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt MM bukan lantaran kurang intensnya koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pada pemerintah pusat. Melainkan karena keterbatasan dan kebutuhan anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat pada tahun ini.

 

 

"Kebutuhan anggaran untuk sarana infrastruktur pendidikan memang menjadi tugas kita mengusulkannya, dan itu diinput di aplikasi KRISNA. Dimana urgensi pembangunan sekolah diusulkan di situ. Akan tetapi mungkin lantaran keterbatasan anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat pada daerah, itulah yang terjadi, DAK mengalami penurunan. Pada tahun ini DAK fisik pendidikan senilai Rp 5 miliar," papar Nining, Rabu (18/1).

 

 

BACA JUGA:DAK Fisik Pendidikan Fokus Rehabilitasi Gedung Sekolah

 

Sumber: