Pokdarwis Kelola Kawasan Wisata Pantai Panjang

Pokdarwis Kelola Kawasan Wisata Pantai Panjang

DOK/RK : Sekda Provinsi Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si saat diwawancarai awak media terkait pengelolaan pantai panjang--

RK ONLINE - Untuk mengoptimalkan kawasan wisata pantai panjang Kota Bengkulu dapat produktif setelah diserahkan pengelolaannya ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) oleh Pemerintah Kota Bengkulu beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu memberikan kesempatan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengelola kawasan pantai panjang.

 

"Kita berdayakan kelompok yang bisa mengelola kawasan pantai panjang, sehingga kawasan pantai panjang betul-betul dapat produktif setelah diserahkan ke Pemprov," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si, Senin (26/12).

 

Ia menambahkan, saat ini ada 3 Pokdarwis di kawasan pantai panjang yang nantinya akan membantu Dispar Provinsi Bengkulu dalam menjalankan tugasnya untuk penertiban, pengamanan, hingga tata kelola di kawasan pantai panjang.

 

"Pokdarwis ini diminta merubah dan menata kawasan wisata Pantai panjang untuk target awal, menjaga kebersihan, dan menata bangunan. Sehingga pantai panjang tidak semrawut lagi. Jadi, ada 3 kelompok sadar wisata yang akan mengelola kawasan wisata pantai panjang dan sepadan pantai itu," papar Hamka Sabri.

 

Pemprov sendiri sendiri telah melakukan MoU atau mendatangani kesepakatan bersama dengan Pokdarwis yang akan mengelola kawasan pantai panjang. "Tadi sudah melakukan MoU dan kesepakatan bersama dengan kepala dinas pariwisata," ujarnya.

 

BACA JUGA:Pantai Panjang Sementara Dikelola Pokdarwis

 

Lebih lanjut Hamka Sabri mengatakan, walaupun memberikan kewenangan terhadap Pokdarwis untuk pengelolaan kawasan pantai panjang, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali terhadap kinerja Pokdarwis.

 

Sumber: