Tes Tertulis PPS CAT

Tes Tertulis PPS CAT

DOK/RK : SAMPAIKAN : Pendaftar seleksi PPS antre menyampaikan berkas fisik ke panitia, Rabu (2/12).--

RK ONLINE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang masih melakukan koordinasi dan pengecekan terhadap belasan sekolah di Kabupaten Kepahiang, yang nanti dijadikan lokasi pelaksaanaan tes tertulis Panitia Pemungutan Suara (PPS). Informasi teranyar diperoleh wartawan Radar Kepahiang, tes tertulis yang awalnya diwacanakan secara manual akan dibatalkan, diganti dengan tes online atau Computer Assisted Test (CAT).

 

Namun untuk memastikannya, KPU Kabupaten Kepahiang terlebih dahulu mengecek kesiapan sarana seperti komputer di beberapa sekolah. Karena, prediksi sementara jumlah pendaftar seleksi PPS bisa mencapai 1.500 peserta.

 

Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos.I, M.Pd Rabu (21/12) mengatakan, ada belasan sekolah tingkat SMA sederajat dan SMP yang dikooordinasikan serta dilakukan pengecekan kesiapan komputernya. Karena berdasarkan instruksi dari KPU Provinsi Bengkulu, seleksi PPS disarankan CAT.

 

"Sejumlah SMA dan SMP yang mempunyai komputer, kita koordinasikan. Harapan kita sekolah yang sudah kita cek ini, komputernya dapat digunakan untuk pelaksanaan CAT nantinya. Kita berharap sekolah-sekolah di Kabupaten Kepahiang mendukung KPU dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024," kata Supran.

 

BACA JUGA:Sudah 700 Orang Buat Akun Daftar PPS

 

Terkait dengan pendaftaran seleksi PPS, sejauh ini kisaran 1.200 orang yang sudah membuat akun, termasuk pendaftar yang telah mengisi biodata hingga menyampaikan berkas fisik ke Kantor KPU Kabupaten Kepahiang. Pendaftaran secara online dibuka sampai 27 Desember pukul 16.00 WIB, melalui aplikasi SIAKBA. Diketahui, KPU Kabupaten Kepahiang merekrut 351 PPS pada Pemilu 2024, tersebar di 117 desa dan kelurahan, masing-masing 3 PPS.

 

"Setelah pendaftaran online melaluik SIAKBA ditutup, dilanjutkan dengan seleksi administrasi. Bagi yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes CAT. Untuk pelaksanaan CAT-nya dimungkinkan pada bulan depan, Januari 2023, setelah dilaksanakan pelantikan PPK," demikian Supran.

Sumber: