Pemkot Masih Fokus Penanganan Banjir Tahun Depan

Pemkot Masih Fokus Penanganan Banjir Tahun Depan

DOK/RK : BANJIR : Kondisi banjir yang melanda kota Bengkulu beberapa waktu lalu--

RK ONLINE - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tahun 2023 mendatang masih fokus upaya pencegahan dan penanganan bencana banjir, yang menjadi salah satu bencana rutin yang melanda kawasan Kota Bengkulu.

 

Upaya yang dialiukan seperti mengoptimalkan sektor-sektor yang menjadi penyebab terjadinya banjir seperti keberadaan saluran utama pembuangan air di wilayah Kota Bengkulu yang menjadi perhatian, pengerukan sungai atau normalisasi sungai, dan sebagainya.

 

Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, Noprisman,ST,M.Si melaui Kepala Bidang (Kabid) SDA Dinas PUPR Kota Bengkulu, Ferry Yosef Yorizal, ST, MH mengatakan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 pihaknya mengusulkan sebesar Rp 8,5 miliar untuk menjalankan kegiatan penanganan banjir.

 

"Tahun depan kita tetap berfokus menangani saluran-saluran utama, karena masih banyak saluran utama yang belum terhubung. Anggaran penanganan saluran utama juga sudah kita usulkan sekitar 8,5 miliar rupiah, mudah-mudahan bisa kita maksimalkan untuk penanganan saluran utama yang ada," papar Yosef.

 

BACA JUGA:BNPB Tinjau Lokasi Banjir Kota Bengkulu

 

Selain mengoptimalkan saluran utama pembuangan air, PUPR Kota Bengkulu juga akan mengupayakan saluran pembuangan berukuran kecil yang banyak berada di kawasan pemukiman masyarakat. Namun penanganannya dilakukan dalam skala kawasan dan memperhatikan kondisi anggaran yang ada.

 

Yosef menyebut, saluran kecil di pemukiman juga menjadi sangat vital dan menjadi perhatian penting untuk ditangani. Jika saluran ini tidak optimal maka saat terjadi banjir di kawasan pemukiman tersebut, kondisi air akan sulit surut. Sehingga saluran air di pemukiman khususnya daerah rawan banjir harus diperhatikan dengan baik.

 

Sumber: