Penuhi Kebutuhan Pemustaka, DPK Provinsi Bengkulu Sediakan Ribuan Koleksi Judul Buku

Penuhi Kebutuhan Pemustaka, DPK Provinsi Bengkulu Sediakan Ribuan Koleksi Judul Buku

Ruang baca DPK Bengkulu yang menyediakan ribuan judul buku.--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu terus melakukan pembenahan pelayanan yang dimiliki dan menciptakan inovasi-inovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat atau pemustaka.

 

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd melaui Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian DPK Provinsi Bengkulu, Hj. Wardaniar, S.Sos, M.Pd mengatakan, salah satu upaya pembenahan yang dilakukan tersebut adalah dengan menambah jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan.

 

Tidak hanya menambah koleksi bacaan saja, Wardaniar juga mengatakan jika variasi jenis buku juga diperbanyak yang disesuaikan dengan minat baca masyarakat atau pemustaka. 

 

"Kita terus menambah judul buku dan jenis buku yang ada di perpustakaan. Saat ini saja untuk buku yang tercetak jumlah totalnya sudah ada 62.708 judul buku," ujar Wardaniar, Jumat 2 Desember 2022.


Koleksi buku DPK Provinsi Bengkulu.--

Untuk jenisnya menurut Wardaniar sudah cukup bervariasi. Mulai dari buku umum seperti buku pelajaran ketrampilan, pelajaran masak-memasak dan lainnya banyak 49.630 judul buku.

 

Kemudian buku koleksi anak sebanyak 6.348 judul buku, koleksi deposit sebanyak 4.829 judul buku, koleksi referensi sebanyak 1.493 judul, koleksi buku Braille sebanyak 216 judul buku, koleksi BI Corner sebanyak 192 judul buku dan koleksi perpustakaan keliling, sebnyak 3.590 judul buku. 

 

"Buku-buku ini untuk disimpan pada tendon (arsip), buku yang terpajang di perpustakaan dan satu lagi yang dibawa oleh perpustakaan keliling," ungkap Wardaniar. 

 

Sumber: