Belum Akan Efektif

Belum Akan Efektif

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU--

RK ONLINE - Bupati Kepahiang, Dr. Ir Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengatakan, saham Pemerintah Kabupaten di PT Sarana Mukti Mandiri (SMM) sebesar 20 persen belum efektif hingga tahun 2023 mendatang, sebab tanpa Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda). Pasalnya, Raperda tentang pembentukan Perseroda belum masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2023.

 

Menurut Bupati, Perseroda adalah salah satu prioritas pemerintah kabupaten menampung keuntungan. "Tujuannya Perseroda dalam mengoperasionalkan perusahaan secara mandiri untuk mencapai tujuan mencari keuntungan, termasuk dalam memperoleh modal. Kalau Perseroda belum terbentuk, maka saham di SMM belum sepenuhnya efektif, tapi kita upayakan regulasinya segera disiapkan," jelas Bupati.

 

Secara garis besar, hal-hal yang dapat menjadi dasar bagi perusahaan daerah yang akan dibentuk untuk hukumnya adalah memastikan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya.

 

BACA JUGA:Bakal Bentuk Perseroda dan Perumda

 

Khusus Perseroda, kata Bupati, untuk mencari keuntungan memastikan kedepannya. Kecenderungan Perusahaan daerah dalam menanggung implikasi dari masing-masing bentuk hukum terkait dengan permodalan, sifat layanan, keleluasaan dalam mengelola aset, dan organisasi kepengurusan yang berkaitan dengan tata cara pengambilan keputusan dalam pengelolaan perusahaan daerah.

 

"Sehingga dengan demikian nanti deviden dapat menjadi pendapatan bagi pemerintah kabupaten," singkat Bupati.

Sumber: