Waspada Gelombang Tinggi

Waspada Gelombang Tinggi

DOK/RK : Pesisir Pantai Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu--

RK ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur telah melaporkan dan mengeluarkan prakiraan kondisi kekinian cuaca maritim di perairan Bengkulu, Senin (28/11).

 

Melalui Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar mengatakan dari hasil prakiraan yang dilakukan kondisi cuaca maritim perairan Bengkulu untuk kondisi cuaca secara umum diprakirakan berawan. Dengan kecepatan angin secara umum diprakirakan bertiup dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan angin berkisar 1 hingga 13 knot atau sekitar 1,8 hingga 24 kilometer per jam.

 

"Untuk gelombang sendiri berpeluang terjadi diperairan Bengkulu dengan potensi ketinggian gelombang mencapai 0,50 hingga 1,25 meter," kata Anang. 

 

Sementara itu, untuk prakiraan pasang surut  permukaan laut terdata dari Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu diperkirakan pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, melihat potensi ketinggian 0,9 meter pada pukul 10.00 WIB.

 

Secara rinci, potensi gelombang dengan ketinggian 0,75  hingga 1,5 meter berpeluang terjadi di perairan timur Pulau Enggano. Sedangkan potensi gelombang dengan ketinggian 1 hingga 2  meter berpeluang terjadi di perairan Samudera Hindia barat Bengkulu.

 

BACA JUGA:Musim Penghujan, Wilayah Rawan Banjir Diminta Waspada

 

"Resiko gelombang tinggi dapat menimpa terhadap keselamatan pelayaran adalah untuk perahu nelayan. Sehingga para nelayan harus waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1,26 meter," ujar Anang.

 

Sumber:

Berita Terkait