Pemkot Bengkulu Gelar Pasar Murah Keliling

Pemkot Bengkulu Gelar Pasar Murah Keliling

DOK/RK : PASAR MURAH : Disperindag Kota Bengkulu saat menggelar pasar murah keliling--

RK ONLINE - Sebagai upaya mengendalikan angka inflasi dan menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar pasar murah keliling. Kegiatan ini dilaksanakan 22 hingga 23 November di 11 kelurahan yang ada di wilayah Kota Bengkulu.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Bujang HR mengatakan jika penyelenggaraan pasar murah keliling ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari program pengendalian angka inflasi daerah disaat sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga. Selain itu, pasar murah diselenggarakan juga sebagai bentuk upaya mendongkrak perekonomian pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) sekaligus mendekatkan masyarakat dengan pemerintah.

 

"Pasar murah merupakan salah satu cara yang dibuat pemerintah untuk menekan angka inflasi saat tingginya sejumlah harga bahan pokok," paparnya, Selasa (22/11).

 

Lebih lanjut, dalam kegiatan pasar murah keliling ini, bahan pokok yang dijual relatif lebih murah dibandingkan harga pada umumnya. Seperti harga telur biasanya Rp 27 ribu menjadi Rp 24 ribu, kemudian minyak goreng dari Rp 14 ribu turun ke angka Rp 12 ribu dan beras premium normalnya Rp 12 ribu di dijual Rp 9 ribu.

 

BACA JUGA:Oktober, Kota Bengkulu Alami Inflasi 0,14 Persen

 

"Kebutuhan pokok yang dijual relatif lebih murah dibandingkan dengan harga pada umumnya karena mengalami pengurangan Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu," tambahnya.

 

Disperindag menggelar pasar murah keliling perharinya  menjangkau 4 sampai 5 kecamatan. Dengan prioritas lokasi-lokasi yang dituju kegiatan pasar murah keliling ini adalah wilayah yang jauh dari pasar atau wilayah yang memiliki keterbatasan daya beli seperti di pinggiran pantai, jalan poros hingga gang-gang kecil.

 

Sumber: