2023, DLH Wacanakan Gunakan Pihak Ketiga

2023, DLH Wacanakan Gunakan Pihak Ketiga

DOK/RK : ANGKUT : Petugas kebersiahan melakukan aktivitas bongkar muat sampah di salah satu TPS.--

RK ONLINE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong berencana akan menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengelolaan dan pengangutan sampah di tahun 2023 mendatang. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kebersihan kepada masyarakat.

 

Kepala DLH Lebong, Indra Gunawan, S.Pi, M.Si mengatakan kebutuhan anggaran terkait rencana ini sudah disampaiakan dan berharap bisa disetujui oleh DPRD Lebong. "Kami berharap bisa disetujui, " kata Indra.

 

Lebih jauh dijelaskannya ada beberapa alasan mengapa pihaknya memilih menggunakan pihak ketiga dalam pengelolaan sampah ini. Pertama dengan sistem outsourcing dirasa bisa meningkatkan kesejahteraan petugas kebersihan yang selama ini berstatus Tenaga Harian Lepas Terkontrak (THLT).

 

Alasan lainnya, dengan melibatkan pihak ketiga diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi sampah.

 

"Keberadaan armada angkutan sampah yang kita miliki juga bisa disewakan. Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Surati DLH, Pemdes Selebar Minta Angkut Sampah Warganya

 

Apalagi lanjut indra selama ini pihaknya kesulitan untuk memenuhi petugas bongkar muat sampah karena minimnya minat dari masyarakat itu sendiri. Sementara petugas yang ada rata-rata sudah berusia tua.

 

Sumber: