Besarkan BUMDes, Desa Air Lanang Pelatihan UMKM

Besarkan BUMDes, Desa Air Lanang Pelatihan UMKM

DOK/RK : Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Rejang Lebong Upik Zumratul Aini--

RK ONLINE - Untuk lebih mengembangkan Badan Usaha Milik desa (BUMDes) yang mengembangkan usaha keripik, Pemerintah Desa Air Lanang Kabupaten Rejang Lebong menggelar pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) dengan melibatkan pihak DinasPerdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Rejang Lebong. Pelatihan mengikutsertakan pengurus dan anggota BUMDes dan masyarakat desa.

 

Dikatakan Kepala Pala Desa Air Lanang, Heri Kuswanto, Selasa (15/11) kegiatan pelatihan UMKM ini sangat penting bagi masyarakat desa serta BUMDes  untuk lebih mengembangkan usaha serta perekonomian masyarakat.

 

"Dalam kegiatan UMKM ini kita sengaja mengundang Kepala Dinas Perdaganagan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini yang secara langsung memberikan penjelasan dan materi bagaimana cara pengelolahan dan pemasaran usaha milik desa ini dengan baik. Sehingga BUMDes dan masyarakat yang selama ini mengalami kendala dalam hal pengelolaan dan pemesaran dapat mengerti dan mengetahui secara langsung dari pihak yang berkompeten," terang Kades. 

 

Kemudian dikatakan Kades Heri, dengan kegiatan ini pihak BUMDes dan masyarakat dapat mengikuti beberapa praktek cara pembuatan dan cara pengemasan. Karena BUMDes juga perlu kiat bagaimana bisa mempromosikan usahanya ke masyarakat luas, serta dapat memiliki label yang diakui oleh dinas perdagangan dan Balai POM, sehingga benar-benar dipercaya dan diyakini konsumen terutama untuk label halal.

 

''Kami berharap usaha milik desa ini yaitu usaha keripik  dapat memiliki legalitas, apa lagi bahan baku yang digunakan adalah bahan milik petani desa sendiri seperti kentang, pepaya, singkong dan bahan lainnya," jelas Kades.

 

BACA JUGA:Beasiswa Kedokteran, Sudah 9 yang Ambil Formulir

 

Sementara itu,  Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian,Koperasi dan UKM Upik Zumratul Aini  menyakini  kalau usaha milik BUMDes yang ada di desa ini adalah usaha yang sangat bagus sekali, Usaha seperti ini memang pemerintah sangat mengharapkan yaitu masing-masing desa memiliki usaha sendiri, yang dapat diandalkan dan dapat menghidupkan pekerjaan dari usaha tersebut.

 

Sumber: