Jangan Takut, Disabilitas Juga Berpeluang Jadi ASN Dengan Layanan Prioritas

Jangan Takut, Disabilitas Juga Berpeluang Jadi ASN Dengan Layanan Prioritas

Beberapa penyandang disabilitas saat mengikuti audiensi di ruang kerja bupati Kepahiang.--

RK ONLINE - Komitmen Pemkab Kepahiang dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan serta hak terhadap penyandang disabilitas, langsung dibuktikan oleh BKDPSDM Kabupaten Kepahiang.

 

Buktinya dalam memberikan pelayanan, BKDPSDM memastikan jika pelayanan terhadap masarakat penyandang disabilitas menjadi prioritas. Bahkan pelayanan yang disediakan juga lebih difasilitasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Kepala BKDPSDM, Ardiansyah, SH, MH mengungkapkan kalau pihaknya telah menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelayanan di BKDPSDM. Salah satu pelayanan yang sudah tersedia yakni layanan dengan perlengkapan kursi roda dan juga ruang tunggu bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:INGAT! Polisi Kepahiang Segera Terapkan Sistem Tilang Ini

"Kami juga sudah menyiapkan fasilitas bagi penyandang disabilitas dalam pelayanan publik, salah satunya kereta dorong dan ruang tunggu khusus disabilitas," ujar Ardiansyah, Kamis 27 Oktober 2022.

 

Sesuai dengan Tupoksi BKDPSDM yang fokus terhadap kepegawaian, Ardiansyah memastikan jika setiap orang memiliki hak menjadi abdi negara seperti ASN. Termasuk masyarakat penyandang disabilitas juga dipastikan memiliki hak untuk menjadi ASN jika sesuai dengan persyaratan dan ketentuan. Dirinya juga memastikan kalau sampai saat ini tidak ada ketentuan yang membatasi penyandang disabilitas untuk berkiprah sebagai ASN.

 

"Bagi penyandang disabilitas tidak perlu khawatir, setiap tahun kami selalu memberi kesempatan kepada siapapun yang mampu memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi dan berkiprah menjadi ASN. Dalam hal ini, penyandang disabilitas juga termasuk dan dipastikan mendapatkan pelayanan prioritas," beber Ardiansyah.

BACA JUGA:Ratusan THL Kepahiang Batal Pendataan

Bahkan diakui Ardiansyah, 2021 lalu salah satu penyandang disabilitas asal Kabupaten Kepahiang berhasil lolos seleksi CPNS dan sampai saat ini, masih tetap konsisten sebagai jajaran Pemkab Kepahiang. Dari 1 orang ini lanjut Ardiansyah, tidak menutup kemungkinan jika nantinya masih ada lagi penyandang disabilitas lainnya yang berhasil lolos seleksi CPNS.

 

Sumber: