BPS Kumpulkan Data Penduduk Lewat Regsosek Mulai Besok

BPS Kumpulkan Data Penduduk Lewat Regsosek Mulai Besok

DOK/RK : LATIH : Petugas pendataan Regsosek dilatih khusus oleh BPS Kepahiang.--

RK ONLINE - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepahiang akan melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) yang dimulai 15 Oktober hingga 14 November 2022. Pendataan awal ini bertujuan untuk mengumpulkan data terkait profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan penduduk. 

Dikatakan Kepala BPS Kabupaten Kepahiang, Drs. Arbi, para petugas akan melakukan pendataan hingga melakukan wawancara terhadap masyarakat untuk mendata kondisi sosial ekonomi dengan door to door atau dari rumah ke rumah.

"Pendataan dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan metode paper and pencil. Akan ada 4 halaman yang kuisioner yang akan ditanyakan kepada masyarakat. Adapun materi yang ditanyakan seputar kependudukan dan ketenagakerjaan, kondisi perumahan, kesehatan dan disabilitas, serta pendidikan dan pemberdayaan," papar Arbi.

 

BACA JUGA:Regsosek 2022, BPS Sebar 253 Petugas Lapangan

 

Dijelaskan Arbi, Regsosek juga dilakukan untuk mewujudkan satu data Indonesia di Kabupaten Kepahiang, dengan tujuan membantu pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten dalam memudahkan pelaksanaan berbagai program pembangunan.

"Karena pemerintah membutuhkan sistem dan basis data penduduk yang terdiri dari atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhuung dengan data induk kependudukan. Jadi, pada saat mendata petugas juga melaporkannya sesuai dengan titik koordinat," ujarnya. Dilanjutkan Arbi, Regsosek memliki tiga visi besar, yaitu mewujudkan satu data, mengintegrasikan informasi data. Ia berharap melalui pendataan Regsosek tersebut disambut baik oleh masyarakat.

Sumber: