Antisipasi Bencana, Pemkab Kepahiang Gelar Pasukan Siaga Bencana

Antisipasi Bencana, Pemkab Kepahiang Gelar Pasukan Siaga Bencana

Bupati dan dinas instansi terkait saat melakukan pengecekan peralatan siaga bencana--

RK ONLINE - Melibatkan sejumlah OPD dan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa 11 Oktober 2022 Pemkab Kepahiang Provinsi Bengkulu melaksanakan apel gelar pasukan siaga bencana 2022.

 

Bertempat di halaman kantor bupati Kepahiang, rangkaian kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU. Tidak hanya memimpin jalannya apel, melalui kegiatan ini bupati Kepahiang yang saat itu didampingi unsur kepala OPD dan diikuti Forkopimda, secara langsung melakukan pengecekan satu persatu peralatan hingga kesiapsiagaan personel penanggulangan bencana yang ada.


Pengecekan peralatan oleh bupati dan dinas instansi terkait.--

Mulai dari peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), perlengkapan darurat bencana Dinas Sosial, armada pemadam kebakaran yang ada di Satpol PP PBK hingga peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki Polres Kepahiang Polda Bengkulu juga dilakukan pemeriksaan.

 

"Apel gelar pasukan ini dilakukan sebagai upaya dalam persiapan menghadapi potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi di Kabupaten Kepahiang," ujar Hidayattullah.

BACA JUGA:Bersama Baznas, Pemkab Kepahiang Bedah 3 Unit Rumah Warga Tidak Mampu

Selain itu bupati ini juga mengungkapkan kalau kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Kepahiang untuk mengetahui sejauh mana kesiapan, baik personil maupun peralatan penanggulan bencana yang dimiliki Kabupaten Kepahiang. Karena menurutnya dalam proses penanggulangan bencana, personil dan peralatan menjadi faktor utama lancar tidaknya penanggulangan yang dilakukan. 


Cek armada PBK yang menjadi bagian dari peralatan siaga bencana--

Berdasarkan hasil pemeriksaan, bupati megakui kalau mayoritas peralatan darurat dan siaga bencana yang ada, merupakan persediaan lama. Meskipun demikian dirinya memastikan jika semuannya masih bermanfaat dan sangat layak untuk digunakan. Sebab dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik, peralatan lama tetap bisa dimanfaatkan dan benguna jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

 

"Ada beberapa peralatan yang memang baru dan ada juga yang lama. Untuk peralatan lama sudah dapat perawatan dari instansi pemegang. Sehingga dipastikan siap dan masih layak untuk digunakan," beber bupati yang saat itu didampingi Kapolres Kepahiang, AKBP. Yana Supriatna, SIK, M.Si.

BACA JUGA:Prestasi Gemilang! Pemkab Kepahiang Raih Posisi Tertingggi MCP KPK

Sumber: