Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan, Helmi Hasan Siapkan Rp 1 Juta

Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan, Helmi Hasan Siapkan Rp 1 Juta

DOK/RK : TPS : Salah satu Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah di Kota Bengkulu.--

RK ONLINE - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali mengoptimalkan program merdeka sampah yang merupakan bagian dari Bengkulu Indah, Sejuk dan Aman (BISA) yang telah dijalankan sejak 2014 lalu. Program tersebut dinilai berhasil dan efektif menyelesaikan persoalan sampah di Kota Bengkulu. Tak main-main, Pemkot Bengkulu menggelar sayembara.

Masyarakat yang melaporkan aktifitas membuang sampah sembarangan disertai bukti vidio atau menangkap langsung pelaku pembuang sampah sembarangan akan diberikan hadiah uang. Yakni Rp 100 ribu bagi masyarakat yang berhasil mengambil vidio saat ada yang membuang sampah sembarangan. Hingga Rp 1 juta untuk masyarakat yang berhasil menangkap langsung pelaku yang membuang sampah sembarangan. 

"Namun dalam hal ini tidak boleh ada rekayasa yang dilakukan hanya untuk mendapatkan hadiah dari Pemkot," kata Walikota Bengkulu Helmi Hasan, SE.

 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Dapat 1.654 Kuota PPPK

 

Menurutnya, penyelesaian persolan sampah di Kota Bengkulu tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLK) saja. Namun  perlu peran semua pihak baik Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta seluruh masyarakat.

"Dalam pengelolaan sampah kita harapkan partisipasi semua pihak. Karena jika bekerja secara efektif bersama maka tidak akan lagi persoalan sampah yang ada di Kota Bengkulu. Juga kita menargetkan seluruh kelurahan nantinya bebas dari sampah," singkatnya. 

Sumber: