Siapkan Rp 400 Juta untuk Taman Santoso

Siapkan Rp 400 Juta untuk Taman Santoso

DOK/RK : PARIPURNA : Bupati menyampaikan jawaban atas pandangan fraksi - fraksi DPRD Kepahiang. --

2 Langkah Tingkatkan PAD

 

RK ONLINE - Sesuai dengan masukan DPRD Kepahiang, Pemkab Kepahiang mulai melakukan pembenahan sejumlah aset salah satunya Taman Santoso. Dalam APBD-P Tahun Anggaran (TA) 2022 Pemkab Kepahiang menyiapkan anggaran Rp 400 juta untuk perawatan Taman Santoso. Ini disampaikan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM. IPU saat membacakan jawaban atas pandangan fraksi - fraksi DPRD Kepahiang terhadap Raperda APBD TA 2023 dalam rapat paripurna, Rabu (7/9). 

Disampaikan bupati, untuk perawatan Taman Santoso, anggarannya sudah dimasukan ke APBD-P Rp 400 juta yang berada di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang. Dengan keterbatasan anggaran yang tersedia, perawatan Taman Santoso dilakukan bertahap. "Anggarannya sudah masuk di APBD-P 2022, nanti akan dibahas bersama Badan Agggaran DPRD Kepahiang," sampai bupati. 

Terkait peningkatan PAD, Pemkab Kepahiang melalui Badan Keuangan Daeah (BKD) sudah melakukan sejumlah langkah. Dalam hal ini, penarikan pajak dan retribusi daerah. Selain melakukan penagihan secara langsung, Pemkab Kepahiang juga menyediakan aplikasi secara online guna mempermudah masyarakat membayar pajak.

"Untuk mengoptimalkan PAD, penagihan langsung dilakukan terhadap wajib pajak daerah. Selanjutnya pembayarannya, kita menyediakan aplikasi online sehingga masyarakat dimudahkan dan bisa membayar pajak secara mandiri," kata bupati. 

 

BACA JUGA:Revitalisasi Taman Santoso Jadi Alun-Alun Kota Tunggu Kepastian Pinjaman Daerah

 

Terpisah, Kepala Disparpora Kabupaten Kepahiang, Tedy Adeba, ST mengatakan, dengan anggaran Rp 400 juta tersebut pihaknya melakukan pembenahan Taman Santoso. Untuk Tahap awal, pihaknya akan mengoperasikan Pasar kuliner. Karena bangunan pasar kuliner sudah dibangun dan dari pasar kuliner itu 

bisa memperoleh PAD. "Kita akan operasikan Pasar Kuliner yang berada di Taman Santoso. Dari pasar kuliner kita akan mendapatkan PAD," pungkas Tedy.

Sumber: