Bersama Kemenko PMK, Pemkab Kepahiang Sinergi Antisipasi Bencana Dengan Program 10 Juta Pohon

Bersama Kemenko PMK, Pemkab Kepahiang Sinergi Antisipasi Bencana Dengan Program 10 Juta Pohon

Pemkab Kepahiang usai ekspose di Kemenko PMK terkait penanaman pohon antisipasi bencana--

RK ONLINE - Melalui persentase di hadapan Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jumat 2 September 2022 Pemkab Kepahiang menjalin bersinergi sebagai upaya mengantisipasi bencana dan resiko yang bakal ditimbulkannya. 

 

Dipimpin langsung Bupati Kepahiang, Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM IPU, ekspose yang melibatkan jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, Pemkab Kepahiang berkomitmen mendukung program penanaman 10 juta pohon Kemenko PMK sebagai upaya dalam mengantisipasi bencana.

BACA JUGA:Soal Sampah, Peran Desa/Kelurahan Penting

Dikatakan bupati kalau dalam program ini, Kabupaten Kepahiang nantinya bakal mendapatkan bantuan 100.000 pohon untuk ditanam di Kabupaten Kepahiang. Dari 100 ribu pohon ini menurut Dayat 75 persen merupakan Multi Purpose Tree Species (MPTS) atau tanaman yang menghasilkan buah dan dapat berdampak kepada perekonomian masyarakat. Sedangkan 25 persen lainnya, merupakan tanaman kayu-kayuan untuk pohon pelindung serta fungsi ekologi. 

 

"Ekspose itu tadi kita lakukan bersama dengan OPD di Kemenko PMK. Rencananya Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan bagian 100.000 pohon," sampai Dayat.

BACA JUGA:Mulai Besok Ini Ketentuan Membeli Solar di SPBU Kepahiang

Dayat menjelaskan jika pohon merupakan makhluk hidup dengan sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti memberikan oksigen melalui metabolismenya, memberikan bahan bangunan kayu dengan batangnya, memberikan makanan melalui buahnya dan dapat mencegah banjir, mencegah longsor dengan akarnya. 

 

Bupati 2 periode ini juga mengungkapkan kalau semua ini, merupakan bagian dari kampanye penanaman 10 juta pohon di seluruh Indonesia yang dilakukan Kemenko PMK. Aksi penanaman pohon ini juga merupakan bentuk komitmen Indonesia, dalam pengurangan risiko bencana dan pengendalian perubahan iklim.


Pemkab Kepahiang foto bersama usai ekspose di Kemenko PMK--

BACA JUGA:Catatan Atas Putusan MK (1) : KADO REFORMASI ITU MASIH TERJAGA

"Dalam hal ini Pemkab Kepahiang mendukung penuh program penanaman pohon yang diinisiasi Kemenko PMK. Dengan harapan, masyarakat dapat membangun kesadaran mau memelihara dan menanam pohon. Banyak manfaat dari penanaman pohon, selain memanfaatkan buah dan batang, pohon dapat mencegah banjir serta fungsi ekologi," ujar Bupati. 

Sumber: