Soal Sampah, Peran Desa/Kelurahan Penting

Soal Sampah, Peran Desa/Kelurahan Penting

DOK/RK : Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut--

RK ONLINE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang berupaya menuntaskan persoalan sampah. Salah satunya, berharap agar desa dan kelurahan ikut menjadi contoh dalam melakukan penanganan sampah rumah tangga. Mulai dari penyediaan kotak sampah hingga pengelolaannya. 

Menurut Kepala DLH Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut, upaya lain adalah melalui penambahan armada angkutan sampah yang saat ini tengah diajukan ke pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

"Usulan pengadaan kontainer maupun kotak sampah juga terus kami usulkan. Namun karena terbatasnya anggaran, kita tidak bisa berbuat banyak. Dalam penanganan persoalan sampah, peran pemerintah desa dan kelurahan penting. Harus ikut memperhatikan, misalnya menyediakan kotak sampah di desa dan kelurahan," kata Swifanedi.

 

BACA JUGA:Pengangkutan Sampah di Seputaran Pasar Jadi Prioritas

 

Penyediaan kotak sampah di tingkat desa dan kelurahan, dijelaskan Swifanedi, untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai, di drainase maupun melakukan penumpukan sampah. Peran aktif tersebut menurutnya, agar masalah sampah tidak terus-terusan terjadi. "Kalaupun ada acara yang menghasilkan sampah dengan kapasitas banyak, kalau tidak sempat pemberitahuan lewat surat telpon saja. Sampah akan kami angkut, itulah tugas kami," jelasnya.

DLH lanjut Swifanedi, hanya memiliki 9 armada pengangkutan sampah beserta dengan pick up yang setiap harinya armada itu beroperasi mengangkut sampah dari pasar Kepahiang, lingkungan di kecamatan Kepahiang. Sehingga masih sangat terbatas untuk mengangkut sampah dari beberapa wilayah kecamatan.

Sumber: