Tangkap Terduga Begal, 5 Pemuda Barumanis Bakal Dapat Penghargaan

Tangkap Terduga Begal, 5 Pemuda Barumanis Bakal Dapat Penghargaan

DOK/RK : PELAKU : Pelaku yang diduga begal berhasil ditangkap dan dihadirkan dana Konferensi Pers Polres Rejang Lebong--

Dari Polres Rejang Lebong 

RK ONLINE - Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu merasa bangga dengan keberanian 5 pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Bukit Daun, Desa Barumanis, Kecamatan Bermani Ulu. Mereka masing -masing Juanda Effendi (28), Ardian Syahputra (23), Fata Kusuma (23), Arif Munandar (26) dan Devis Ronaldo (22).

Pasalnya dengan keberaniannya berhasil menangkap salah seorang yang diduga pelaku begal yang mengincar sepeda motor warga, yaitu Ra warga Desa Tebat Pulau Kecamatan Bermani Ulu. Aksi penangkapan terjadi pada Rabu (31/8) sekitar pukul 23.30 Wib di Jembatan Dua Kebun Teh Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. 

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan, SIK did6ampingi Kapolsek Bermani Ulu Ipda Ibnu Sina Alfarobi, S,Sos menggelar konferensi pers, Jumat (2/9/2022) di Mapolres Rejang Lebong Polda Bengkulu. Selain menyampaikan kronologis kasus dan juga pelaku yang diduga pelaku begal, juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap keberanian 5 pemuda desa yang secara otomatis telah melakukan kegiatan menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Polsek Bermani Ulu. Untuk itu Kapolres menyampaikan akan memberikan penghargaan kepada 5 pemuda yang merupakan bagian masyarakat Kabupaten Rejang Lebong karena brehasil menangkap pelaku kejahatan dan sekaligus ikut melaksanakan serta menjaga Kamtibmas.   

''Tentunnya ini adalah tindakan yang tepat karena ikut aktif menjaga Kamtibmas serta sangat peduli dengan kondisi keamanan daerahnya. Untuk itu kamik akan memberikan semacam penghargaan kepada warga yang telah berani mwengambil langkah dan tindakan untuk menangkap pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat. Nantinya untuk penghargaan akan kita sipakan dan d*icarikan waktu yang tepat untuk penyerahanannya. Ini akan menjadi snspirasi bagi warga lain ketika melihat hal yang mencurigakan terutama ad6a kaitannya dengan tindak kejahatan maka dibutukhkan langka dan tindakan yang tegas dalam rangka membantu ugas pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat,'' terang Kapolres.

 

BACA JUGA:Siapkan Pengaduan Pungli Secara Online

 

Disampaikan Kapolsek Bermani Ulu Ipda Ibnu Sina, kalau kejadian berawal dari salah satu pemuda Juanda yang sedang melintas dengan sepeda motor di TKP dan distop oleh pelaku yang berjumlah 2 orang membawa pedang panjang. Melihat itu, Juanda yang melihat gelagat tidak baik pelaku sehingga langsung tancap gas ke desa Barumanis. Juanda yang curuga atas pelaku itu, menemui teman-temannya lalu mengajak kembali ke TKP untuk melakukan pengecekan serta menangkap pelaku. Ternyata benar 2 pelaku masih ada dan sedang berjalan kearah Desa Barumanis. Mereka pun langsung menyergapnya dan berhasil menangkap Ra salah satu pelaku sedangkan rekannya yang berinisial M berhasil melarikan diri. 

''Juanda sebelum kembali ke TKP juga telah menghubungi petugas Babinkamtibmas yang saat itu juga langsung melapor ke penjagaan Polsek dan petugas laangsung meluncur ke TKP dan berhasil mengamankan tersangka yang sudah lebih dahulu diamankan 5 pemuda desa dan menyampaikan terimakasih atas langkah dan keberanian dalam mengungkap orang diduga pelaku kejahatan. Lima pemuda ini yang telah membantu menciptakan Kamtibmas diwilayah Bermani Ulu,'' ujar Kapolsek Ibnu Sina.  

Sementara itu Juanda yang dihubungi via telepon mengungkapkan kalau dirinya pada malam itu hampir saja menjadi korban begal tetapi berhasil meloloskan diri dan mengajak rekan- rekannya untuk menangkap pelaku. ''Alhamdulillah kami bersama warga kompak menangkap Ra terduga pelaku yang bersenjata pedang panjang', ujar Juanda. (**)

Sumber: