Kelola Dana Rp 5,76 M, 6 UPK Eks PNPM MPD Belum Serahkan Laporan

Kelola Dana Rp 5,76 M, 6 UPK Eks PNPM MPD Belum Serahkan Laporan

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH --

RK ONLINE - Dari 8 UPK eks PNPM MPD yang mengelola dana segar Rp 5,76 miliar di Kabupaten Kepahiang, sampai saat ini hanya 2 UPK saja yang sudah menyerahkan laporan di Dinas PMD Kabupaten Kepahiang.

 

Sementara 6 UPK lainnya seperti UPK Merigi, Kabawetan, Seberang Musi, Tebat Karai, Bermani Ilir dan UPK Muara Kemumu sama sekali belum menyerahkan laporan aset dan pengelolaan keuangan kepada Dinas PMD. Padahal laporan ini dibutuhkan untuk kepentingan migrasi menjadi BUMDesMA.

 

"Sampai saat ini hanya 2 UPK eks PNPM MPD yang sudah menyerahkan laporan. Sedangkan 6 UPK lainnya sama sekali belum menyerahkan laporan kepada kami," ujar Kepala DPMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan, SH melalui Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Kelembagaan Masyarakat dan Desa, Frand Avico Jangjaya, SH, Kamis 25 Agustus 2022.

 

Meskipun demikian Avico menilai jika laporan yang diserahkan UPK Ujan Mas dan UPK Kepahiang, belum lengkap. Sebab selain laporan keuangan, Avico menjelaskan jika untuk merubah PNPM MPD menjadi BUMDesMA, pihaknya juga membutuhkan laporan aset.

 

"Kita minta jangan hanya laporan keuangan saja. Tetapi aset yang dimiliki juga wajib dilaporkan. Saya rasa semua UPK sudah menerima surat yang kita sampaikan dan dalam surat tersebut sudah jelas, apa saja yang harus dilaporkan," tegas Avico. 

 

Lebih lanjut dijelaskan Avico bahwa dari laporan awal yang diterima pihaknya, total penyertaan modal ke Kabupaten Kepahiang dari pemerintah pusat total kisaran Rp 5.767.450.000. Sebelum transformasi atau tergabung dalam BUMDesMa, UPK harus melaporkan terlebih kondisi keuangan termasuk asetnya. Tujuannya, biar jelas semua laporan tentang keuangan dan aset yang ada. 

 

"Intinya dari penyertaan modal yang diberikan, berapa jumlah dana bergulirnya dan berapa jumlah saldonya. Selain itu apakah pengelolaan sekarang masih berjalan atau tidak (Produktif dan tidak produktif, red). Saat ini yang baru kita terima data awal saja, kita tidak mengetahui apakah berkembang atau tidak," demikian Avico. Rincian penyertaan modal dan dana bergulir lihat di bawah.

 

Sumber: