Dapat Bantuan Pengembangan Cabai

Dapat Bantuan Pengembangan Cabai

DOK/RK : Kadistan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Hernawan, S. PKP--

RK ONLINE - Tahun ini Pemkab Kabupaten Kepahiang mendapatkan alokasi bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini dari Kementerian Pertanian RI yang anggarannya bersumber dari APBN TA 2022, berupa bantuan benih cabai. Bantuan cabai ini direalisasikan pada 10 hektare lahan milik petani dengan penerima 4 kelompok petani. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut akan didistribusikan pada petani yang berada di Kecamatan Kabawetan dan Kecamatan Ujan Mas. Karena Poktan telah mengusulkan proposal kebutuhan benih cabai sebelumnya. "Usulan petani tersebut ditindaklanjuti dengan survey kesiapan lahan dan calon petani penerima, dimaksudkan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Untuk program penanaman cabai ini akan direalisasikan pada 4 kelompok petani penerima," jelas Hernawan.

Dia juga menjelaskan, tidak hanya benih tapi kelompok petani penerima juga diberi bantuan berupa mulsa, pupuk dan pelengkap tanaman cabai. Disinggung terkait jaminan harga pasar, di mana komoditas cabai sering kali mengalami fluktuasi harga di luar dugaan petani, disampaikan Hernawan, pihaknya sejauh ini hanya ikut andil dalam mengusulkan kebutuhan para petani dengan mengajukannya pada pemerintah pusat maupun provinsi. 

"Kita pastikan hasil pertanian ini tetap masuk pasar lokal. Namun sejauh ini pemerintah tidak bisa menintervensi pangsa pasar apalagi komoditas cabai yang sering mengalami fluktuasi harga yang tidak menentu. Harapannya harga bisa berpihak kepada petani," kata Hernawan.

Disisi lain, selain cabai pada tahun ini petani juga digelontorkan bantuan lain seperti jahe, bawang merah dan bawang putih serta beberapa jenis bibit buah-buahkan. Ia berharap, berbagai  macam jenis bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. (rfm)

Sumber: