Menparekraf Sandiaga Uno Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja Melalui Pariwisata Berkualitas di Bengkulu

Menparekraf Sandiaga Uno Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja Melalui Pariwisata Berkualitas di Bengkulu

Menparekraf saat menyambangi air terjun di Desa Belitar Seberang--

RK ONLINE - Desa Wisata Belitar Seberang, Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dikaruniai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Melalui kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno Belitar Seberang berhasil masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik ADWI 2022. 

 

 

Penghargaan ini ditetapkan setelah melalui uji standar penilaian tim juri yang terdiri dari tujuh kategori. Mulai dari daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya), suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya), Homestay, toilet umum, digital dan kreatif, Cleanliness, Health, Safety Environment Sustainability (CHSE) dan kelembagaan desa. Dengan pencapaian ini pula bersama 49 desa lainnya, Desa Belitar Seberang akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari mitra strategis Kemenparekraf. 

BACA JUGA:KJPP dan Kejati Survei Lahan DDTS

Setelah melalui serangkaian cek protokol kesehatan (Prokes), Mas Menteri-sapaan akrab Sandiaga Uno- beserta rombongan disambut penampilan tim tari Sekapur Sirih dan Petata Petiti. Kemudian mengikuti rangkaian kegiatan presentasi di Edu Tourism Rumah Nira. Edu-Tourism Rumah Nira merupakan daya tarik wisata edukasi pembelajaran tentang pembuatan gula merah. Tampak Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan jajarannya seperti Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendy dan Kepala Desa Belitar Seberang Kasiyadi, ikut mendampingi. 

 

Mas Menteri dan rombongan melihat pembuatan gula merah, mencicipi air nira segar, melihat kegiatan ekonomi kreatif di dalam area Rumah Nira. Setelah itu, Mas Menteri bersama gubernur dan bupati menanam bibit pohon aren di area Edu Tourism Rumah Nira. Lalu, mereka menuju Air Terjun Tri Sakti menggunakan kendaraan khusus offroad.

 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Belitar Seberang, Hendri menjelaskan kepada Mas Menteri jika pengelola desa ingin menyatukan nama dua air terjun yang paling terkenal di Desa Wisata Belitar Seberang. Yaitu Air Terjun Tri Sakti dan Air Terjun Puspa Dewi.

 

Keistimewaan air terjun Tri Sakti adalah airnya yang dingin. Sedangkan air terjun Puspa Dewi bersuhu panas. Kedua aliran air ini akan bertemu dan menyatu di satu titik. 

 

"Fenomena air terjun ini merupakan satu-satunya di Indonesia, berpasangan dengan penampilan gagah dari Air Terjun Tri Sakti dan representasi keanggunan dari Air Terjun Puspa Dewi, membuat kedua air terjun ini diibaratkan laki-laki dan perempuan yang saling melengkapi," ungkap Hendri. 

Sumber: