16 Desa di Kepahiang Dapat Tambahan DD Rp3,8 Miliar

16 Desa di Kepahiang Dapat Tambahan DD Rp3,8 Miliar

Foto/Dok : Kabid FP3K Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Jonatan, SKM.--

RK ONLINE - Sedikitnya ada 16 desa di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, mendapatkan kucuran tambahan DD. Dari total 105 desa, 16 desa ini mendapatkan anggaran tambahan dengan jumlah total yang mencapai Rp 3,8 miliar.

BACA JUGA:Pelaku Curanmor TKP Padang Lekat Dibekuk Polisi

Kadis PMD Kabupaten Kepahiang, Iwan Z Kurniawan, SH melalui Kabid FP3K Jonatan, S.KM mengatakan kalau 16 desa yang mendapatkan tambahan DD ini adalah Desa Pekalongan, Ujan Mas Bawah, Penanjung Panjang, Kelilik dan Karang Endah. Kemudian Desa Weskust, Taba Tebelet, Pelangkian, Permu Bawah, Tugurejo, Suka Sari, Babakan Bogor, Sumber Sari, Sidorejo, Mekar Sari dan Benuang Galing.

 

"Penambahan DD ini diberikan dalam bentuk alokasi kinerja. Totalnya ada 16 desa," terang Jonatan.

BACA JUGA:Bupati Pastikan Urus Izin Usaha Dipermudah

Dengan jumlah masing-masing Rp 241 juta/desa lanjut Jonatan, belasan desa yang mendapatkan dana alokasi kinerja itu dinilai oleh pemerintah pusat berdasarkan kinerja masing-masing desa. Diantaranya terkait pengelolaan keuangan desa, capaian keluaran dana desa dan capaian hasil pembangunan desa. 

 

Untuk indikator pengelolaan keuangan desa misalnya, pemerintah pusat menilai dari perubahan rasio pendapatan asli daerah terhadap total pendapatan APBDes dengan bobot 50 persen. 

 

"Kemudian rasio belanja dibidang pembangunan dan pemberdayaan terhadap total belanja APBDes. Kita berharap dengan adanya penambahan DD atau dana alokasi kinerja ini, dapat memberikan motivasi bagi desa lainnya untuk memaksimalkan kinerja, terutama dalam pengelolaan dana desa," singkatnya.

Sumber: