Kemenag Kepahiang jadi Rujukan Studi Tiru Kemenag Sawahlunto Terkait Program Pusaka Sakinah

Kemenag Kepahiang jadi Rujukan Studi Tiru Kemenag Sawahlunto Terkait Program Pusaka Sakinah

DOK/RK : TERIMA : Kemenag Kepahiang Terima Kunjungan dari Kemenag Sawahlunto.--

RK ONLINE - Program Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah yang diterapkan Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang pada salah satu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kabawetan menjadi rujukan studi tiru Kemenag Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Diketahui, Pusaka Sakinah merupakan salah satu upaya membangun ketahanan keluarga, yang bertujuan memberikan sosialisasi dan wawasan tentang manajemen pengelolaan keluarga agar dapat mencapai sakinah mawwadah warahmah.

Kakan Kemenag Sawahlunto, H. Dedi Wandra, S.Ag menjelaskan, tujuannya bersama rombongan ke Kemenag Kepahiang sekaligus melakukan silaturahmi, studi tiru bidang pelayanan di Kantor Kemenag Kepahiang dan program revitalisasi KUA di gedung manasik dan balai nikah KUA Kecamatan Kabawetan.

"Kehadiran kami ke Kabupaten Kepahiang dalam rangka silaturahmi, sekaligus mempelajari sebagai referensi dalam menjalankan program Pusaka Sakinah dan program revitalisasi KUA Kecamatan Kabawetan," sampai Dedi.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH melalui Kasubag TU, Abdullah, S.Ag menyambut baik tujuan dari Kemenag Sawahlunto tersebut. Bagaimana tidak, KUA Kabawetan saat ini ditunjuk sebagai piloct project pelaksanaan program Pusaka Sakinah, yang ditargetkan akan diterapkan oleh seluruh KUA kecamatan. "Silaturahmi dan studi tiru ini dalam rangka memajukan bersama program Kemenag RI," ujar Abdullah.

Abdullah juga memaparkan tentang pelayanan di Kemenag Kepahiang serta program Pusaka Sakinah yang di dalamnya terdapat tiga program yakni bimbingan masa nikah, konsultasi keluarga dan pendampingan keluarga. Intinya adalah upaya penguatan hubungan pasangan pasca nikah dan mengantisipasi perceraian. (rfm)

Sumber: