Masih Parpol Lama

Masih Parpol Lama

DOK/RK : Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kepahiang, Musi Dayan, S.Si--

RK ONLINE - Meskipun sudah mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepahiang memastikan jika sejauh ini belum ada satupun Partai Politik (Parpol) yang mendaftar ke pihaknya. Parpol yang terdaftar masih Parpol lama yang ikut Pemilu sebelumnya. 

"Hingga hari ini (Kemarin, red) kita belum ada menerima pendaftaran Parpol baru di Kabupaten Kepahiang. Karena itu, Parpol yang terdaftar di kita masih Parpol-Parpol lama," kata Kepala Badan Kesbangpol Kepahiang, Musi Dayan, S.Si.

Padahal, sama-sama diketahui banyak Parpol baru sudah bermunculan sejak 2 tahun lalu. Diantaranya Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat dan sejumlah Parpol lainnya. "Informasinya memang ada Parpol baru, namun untuk yang mendaftar di Kepahiang khusus ke Kesbangpol belum ada. Sebenarnya Parpol baru selain mendaftar ke kita, KPU Kepahiang juga mempunyai wewenang melakukan klarifikasi," ucap Musi Dayan. 

Terpisah, Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos.I, M.Pd.I mengatakan, mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tahapan pertama yang akan dilakukan KPU Kepahiang adalah verfikasi keberadaan Parpol di Kabupaten Kepahiang. Tahapan tersebut akan dijalankan KPU Kepahiang 29 Juli - 13 Desember 2022.

"Ketika Parpol sudah mendaftar di KPU RI, selanjutnya KPU Kepahiang akan melakukan verifikasi faktual terhadap Parpol di Kabupaten Kepahiang. Baik itu Parpol baru maupun Parpol lama yang sudah berdiri di Kabupaten Kepahiang. Namun, verifikasi faktual tersebut tergantung rekomendasi yang disampaikan KPU RI. Dalam artian, Parpol mana yang harus diverifikasi merupakan kebijakan KPU RI sesuai aturan yang berlaku. "Memang kita ini melakukan verifikasi terhadap Parpol di Kepahiang, tapi pelaksanaannya sesuai tahapan Pemilu 2024," demikian Supran. (and)

 

Sumber:

Berita Terkait