Perpusda Minta Tambahan Dana Rp 300 Juta

Perpusda Minta Tambahan Dana Rp 300 Juta

EPRAN/RK : HEARING : Komisi I DPRD Kepahiang hearing bersama Dinas Perpuda Kepahiang.--

RK ONLINE - Komisi I DPRD Kabupaten Kepahiang mendukung rencana pembangunan gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Kabupaten Kepahiang. Untuk pembangunannya, dinas tersebut mempunyai anggarannya kisaran Rp 10 miliar. Tapi untuk kelancaran pembangunan, masih dibutuhkan dana tambahan Rp 300 juta.

"Dalam hearing yang kita laksanakan tadi (Kemarn, red) Dinas Perpustakaan meminta bantuan tambahan dana Rp 300 juta, karena mereka ini mendapat DAK Rp 10 Miliar. DAK tersebut hanya untuk pembangunan gedung. Sedangkan untuk fasilitas lainnya tidak ada dari DAK," sampai Ketua Komisi I DPRD Kepahiang, Nanto Usni.

Langkah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah membangun gedung baru disambut baik Komisi I DPRD Kepahiang. Tetapi terkait tambahan anggaran Rp 300 juta, Komisi I belum dapat memutuskan karena butuh koordinasi lebih lanjut dengan Banggar DPRD Kepahiang.

"Kami dari Komisi I terlebih dulu melakukan koordinasi, berharap Banggar bisa mengalokasikan dana Rp 300 juta untuk persiapan dana pendampingan dalam merealisasikan pembangunan gedung perpustakaan," ucap Nanto.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kepahiang, Mukhtar Yatib, S. Pd mengatakan, dalam rangka mewujudkan pembangunan gedung tersebut, pihaknya telah meminta dukungan komisi I DPRD Kepahiang.

"Kami sudah meminta dukungan Komisi I terkait penambahan anggaran Rp 300 juta sebagai dana pendampingan. Untuk lokasi pembangunan gedung, rencananya dibangun di lokasi sekarang yakni di depan SPBU Pasar Kepahiang. DAK 10 miliar itu akan kita terima TA 2023," demikian Mukhtar. (and)

Sumber: